Tuesday, 5 March 2024
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

KESEHATAN

Spraying Disinfektan Serentak Seluruh Bali, Wagub Cok Ace: Pemprov Bali Belum Lakukan Langkah Lockdown

BALIILU Tayang

:

de
WAGUB COK ACE: Bersama Sekda Dewa Inda dan kepala OPD Provinsi Bali gelar spraying disinfektan di Mertasari.

Denpasar, baliilu.com – Terkait langkah isolasi (lockdown)  seperti yang telah dilakukan beberapa wilayah di Indonesia terkait Covid-19, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) menegaskan hingga saat ini belum ada keputusan dari Pemprov Bali untuk melakukan langkah isolasi atau lockdown. Perkembangan situasi terkait virus corona terus dipantau dan kebijakan serta langkah-langkah pencegahan terus dilakukan dengan prioritas tentunya pada keselamatan dan kesehatan masyarakat Bali.

Hal itu ditegaskan Wagub Cok Ace didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra dan kepala OPD di lingkungan Pemprov Bali saat melaksanakan spraying disinfektan di dua titik fasilitas umum yaitu di dermaga Penyeberangan Nusa Penida, Pantai Mertasari serta areal sekitar Hotel Griya Santrian Sanur, Minggu (15/3-2020)

Wagub Cok Ace menyampaikan spraying disinfektan sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid-19 ini, telah dilakukan beberapa hari sebelumnya dengan menyasar tempat-tempat umum yang ramai dikunjungi wisatawan maupun masyarakat. Spraying disinfektan pada pagi hari ini tidak hanya dilakukan di satu titik melainkan dilakukan secara serentak di seluruh kabupaten/kota seluruh Bali.

Wagub berharap spraying disinfektan tidak hanya dilakukan pemerintah, namun juga terbangun kesadaran masyarakat untuk melakukan hal serupa secara rutin di tempat kerja atau wilayahnya masing-masing, dengan demikian penyebaran virus corona bisa kita cegah bersama.

de
WAGUB COK ACE: Bagikan masker dan berbincang dengan wisatawan.

‘’Mudah-mudahan kegiatan serentak spraying disinfektan di seluruh Bali hari ini dan secara rutin dilakukan menjauhkan kemungkinan penyebaran virus corona, dan juga memberikan rasa aman kepada masyarakat khususnya para wisatawan di Bali. Kesan sebagian besar wisatawan yang saya wawancarai tidak ada kekhawatiran, mereka mengikuti perkembangan berita di Bali dan mereka mengaku selalu akan hadir menikmati liburan di pulau Bali,’’ ujar Cok Ace seraya mengimbau agar masyarakat selalu menjaga kesehatan badan serta melakukan pola hidup bersih dan sehat.   

Baca Juga  31 KK Duktang Diisolasi Mandiri di Desa Adat Renon, Ditandai Stiker "Khusus" di Depan Rumahnya

Wagub Cok Ace juga menyampaikan beberapa even atau kegiatan yang besar yang melibatkan banyak orang  seperti Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG) , sejumlah festival yang rencananya dilakukan pada Maret dan April akan  ditunda penyelenggaraannya. ‘’Bagi kami saat ini yang manjadi prioritas adalah keselamatan dan keamanaan masyarakat Bali,’’ ujarnya.

Sementara itu, Sekda Dewa Indra menyampaikan spraying disinfektan merupakan salah satu  langkah serius dari  pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Ia mengajak seluruh masyarakat untuk memulai gerakan ini bersama-sama dan terus-menerus baik itu di lingkungan rumah tangga, lingkungan kerja dan sekitarnya, di samping menjaga daya tahan tubuh dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Sekda Dewa Indra menyampaikan bahwa segala upaya pencegahan penyebaran Covid-19 harus dilakukan tanpa kepanikan. Sekda mengajak masyarakat termasuk  awak media membangun situasi kondusif di tengah masyarakat. Media juga diharapkan bisa memberi edukasi ke masyarakat terkait Covid-19.

Senada dengan Wagub Cok Ace, Sekda Dewa Indra menegaskan sampai saat ini Pemprov Bali belum ada kebijakan untuk melakukan lockdown/isolasi. Situasi dan perkembangan ke depan akan terus dipantau dan kita telah memiliki satgas Covid-19 yang akan bekerja optimal sesuai dengan bidangnya masing-masing dalam upaya memberi kenyamanan serta melindungi kesehatan masyarakat dari virus corona.

‘’Setiap kebijakan tidak berdiri sendiri. Kebijakaan  itu ada peristiwa yang melatarbelakangi. Ada peristiwa yang terjadi, data-data yang memperlihatkan kenaikan. Kita lihat di DKI ada trend naik begitu juga daerah lain. Namun perkembangan situasi di Bali sampai hari ini belum ada yang positif Covid-19 selain satu yang sudah meninggal dan hasil lab suami yang positif corona hasilnya dinyatakan negatif. Dari situ logika kita mengambil kesimpulan, orang yang paling dekat intens komunikasi dengan orang yang positif ternyata dia negatif, karena ia saat itu dalam keadaan sehat.  Demikian pula hasil trecking ke-23 orang juga dinyatakan negatif. Ini sangat penting, orang yang paling dekat berinteraksi negatif, orang di sekitarnya juga negatif. Dari situasi yang ada sampai saat ini belum melihat indikasi bahwa ini menginfeksi banyak orang di Bali,’’ ujar Dewa Indra.

Baca Juga  Wabup Suiasa Tatap Muka dengan Dekopinda Badung, Segera Buat Aplikasi Permudah Koperasi

Sekda Dewa Indra juga telah mengirimkan surat kepada bupati/walikota se-Bali untuk menunda sementara perjalanan dinas luar daerah khususnya ke kota-kota yang terinfeksi virus corona. Hal ini juga merupakan salah satu upaya mencegah penyebaran Covid-19 yang saat ini telah ditetapkan  status menjadi  pandemik.

Dari pemantauan situasi  di dermaga penyeberangan di Pantai Mertasari terlihat ramai oleh wisatawan asing dan domestik yang akan berwisata ke Nusa Penida dan Nusa Lembongan. Begitu juga situasi di Hotel Grya Santrian, suasana sangat ramai oleh aktivitas wisatawan yang menginap di sana. Secara umum wisatawan tidak merasakan kekhawatiran berlebihan terkait virus corona, mereka percaya virus ini bisa dihadapi dengan cara menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PBHS). Mereka percaya pemerintah Indonesia, Bali khususnya mampu mengantisipasi dan menyiapkan langkah-langkah terbaik terkait penanganan dan pencegahan Covid-19. (*/balu1)

galungan
Advertisements
galungan dprd badung
Advertisements
galungan dprd bali
Advertisements
pln ucapan
Advertisements
stikom
Advertisements
pemprov bali
Advertisements
iklan
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KESEHATAN

Cegah Stunting Bersama Little Joy di Gianyar

Owner Bali United: Mudah-mudahan Anak-anak Sehat dan Jadi Pemain Bali United

Published

on

By

bantuan bali united
SERAHKAN BANTUAN: Owner Bali United, Pieter Tanuri saat menyerahkan bantuan donasi produk Little Joy kepada Pemerintah Kabupaten Gianyar Senin (4/3) pagi tadi di Bali United Café, Gianyar. (Foto: Hms Baliutd)

Gianyar, baliilu.com – Hal menarik disampaikan oleh Owner Bali United, Pieter Tanuri saat penyerahan bantuan donasi produk Little Joy kepada Pemerintah Kabupaten Gianyar Senin (4/3) pagi tadi di Bali United Café, Gianyar.

Kakak kandung dari CEO Bali United, Yabes Tanuri itu berharap dengan diterimanya produk sehat Little Joy ini kepada anak balita di Gianyar berpotensi menghadirkan generasi pemain Bali United di masa mendatang.

Total 16.572 produk Little Joy akan dibagikan kepada 1.381 bayi sehat usia 6 hingga 12 bulan untuk kebutuhan 2 bulan dalam mencegah stunting di puluhan desa Kabupaten Gianyar.

“Saya merasa bangga dengan kehadiran ibu-ibu yang hadir pada acara kali ini. Tapi yang ingin saya sampaikan adalah saya ingin selalu ada pemain asli Bali untuk bisa bermain di tim Bali United. Untuk itu, fokus kita sejak mereka balita harus diperhatikan gizinya agar tumbuh kembang anak itu baik sehingga Bali United bisa terus mendunia di waktu mendatang. Saya juga terima kasih kepada Little Joy yang memperhatikan gizi balita dilihat dari berat badan dan tinggi badan mereka yang akan kita lihat satu hingga dua bulan kedepan setelah produk ini diterima,” terang Pieter Tanuri.

Dipilihnya saat ini Kabupaten Gianyar karena data dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali menunjukkan jika Gianyar menjadi daerah dengan angka stunting anak tertinggi tahun 2024.

Untuk itu kehadiran Little Joy sebagai produk bubuk tabur bergizi untuk makanan balita sangat membantu dalam tumbuh kembang anak.

Pemberian bantuan produk Little Joy dari Bali United tersebut diterima langsung oleh Pemerintah Kabupaten Gianyar melalui Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Gianyar, Ketut Pasek Lanang Sadia didampingi Pejabat Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar, Widiastuti Wirasa.

Baca Juga  Soal Covid-19 di Denpasar, Rai Mantra: GTPP harus tetap Semangat

Setelah secara simbolis diterima, nantinya pihak Pemerintah Daerah akan memberikan produk tersebut kepada balita yang tersebar di 7 kecamatan dari 5 hingga 25 Maret 2024 mendatang.

Adapun kecamatan yang akan diberikan bantuan produk Little Joy dimulai dari Kecamatan Blahbatuh, Sukawati, Gianyar, Tampaksiring, Ubud, Tegallalang, dan Payangan.

Nantinya satu orang balita akan ditimbang lebih dulu oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar untuk menerima 6 bungkus produk Little Joy selama satu bulan.

Setelah mengkonsumsi produk tersebut, pada bulan berikutnya akan ditimbang kembali untuk melihat perkembangan dari balita.

Harapannya anak-anak balita ini mengalami pertumbuhan yang baik sehingga di waktu mendatang menjadi anak yang cerdas dan sehat.

Produk Little Joy sendiri adalah bubuk gizi lengkap yang terbuat dari 100% bahan alami dengan fortifikasi nutrisi penting untuk membantu pemerintah dalam upaya melawan malnutrisi dan menciptakan generasi Indonesia yang lebih sehat dan cerdas.

Produk Liittle Joy tidak mengandung gula dan garam, serta tidak berbahan pengawet atau penguat rasa sebagai bubuk gizi sehat yang bisa dicampur ke dalam makanan balita.

Adapun rasa produk Little Joy sendiri beragam yaitu Corn Carrot (bubuk jagung dan wortel), Moringa Pandan (bubuk daun kelor dan daun pandan), Red and Mung Beans (bubuk kacang merah dan kacang hijau), Chicken Tempe Sweetcorn (bubuk ayam tempe dan jagung manis), Red Bean Cheese and Beef (bubuk kacang merah dengan keju dan daging sapi), dan With Egg Salmon and Seaweed (bumbu dengan telur, ikan salmon dan rumput laut).

Pada acara pemberian produk sehat Little Joy di Bali United Café ini juga dihadiri oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, Tim Penggerak Swadaya Masyarakat Dinas (PMD), Perwakilan Ibu-Ibu PKK dari 70 Desa di Gianyar, serta Perwakilan Ibu dan Balita di Kabupaten Gianyar. (gs/bi)

Baca Juga  31 KK Duktang Diisolasi Mandiri di Desa Adat Renon, Ditandai Stiker "Khusus" di Depan Rumahnya

galungan
Advertisements
galungan dprd badung
Advertisements
galungan dprd bali
Advertisements
pln ucapan
Advertisements
stikom
Advertisements
pemprov bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

KESEHATAN

Peringati HUT Ke-22, Sekda Dewa Indra Harap RSMBM Terus Menjadi Rumah Sakit Kepercayaan Masyarakat

Published

on

By

HUT RS mata bali mandara
HADIRI HUT: Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra menghadiri Peringatan HUT Ke-22 RSMBM, di RS Mata Bali Mandara, Denpasar, Senin (4/3). (Foto: Hms Pemprov Bali)

Denpasar, baliilu.com – Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra menghadiri Peringatan HUT ke-22 Rumah Sakit Mata Bali Mandara (RSMBM), di RS Mata Bali Mandara, Denpasar, Senin (4/3).

Dalam sambutannya, Sekda Bali menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada manajemen beserta jajaran atas sejumlah raihan prestasi serta berbagai inovasi yang dicapai rumah sakit selama kurun waktu 22 tahun ini. Sekda Dewa Indra menambahkan, keberhasilan ini merupakan hasil dari sistem yang berjalan baik serta kolaborasi seluruh komponen rumah sakit termasuk juga kontribusi serta dukungan eksternal sehingga rumah sakit ini menghasilkan kemajuan dan lompatan seperti saat ini.

“Saya mewakili Pemprov Bali menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran yang mensupport rumah sakit ini sehingga berkembang seperti saat ini. Saya berharap RSMBM terus menjadi rumah sakit yang dipercaya masyarakat karena pelayanan yang baik dan berintegritas,“ imbuhnya.

Sekda Dewa Indra berharap kedepannya RSMBM agar terus meningkatkan kualitas layanan serta inovasi dalam upaya memberikan layanan prima kepada masyarakat. Adanya temuan baru dalam ilmu kedokteran dan teknologi yang terus maju, menjadikan kita juga harus terus bisa berkembang dan bergerak ke depan.

“Kita tidak boleh berpuas diri dan berhenti sampai disini, pelayanan publik terus berkembang, ilmu dan teknologi juga berkembang seiring juga dengan berkembangnya harapan masyarakat terhadap rumah sakit ini. Oleh karena itu kita harus terus bekerja keras, berkolaborasi dan mampu membawa rumah sakit ini terus bergerak maju,“ tuturnya.

Peringatan HUT Ke-22 RSMBM pada pagi hari ini juga dirangkai dengan serah terima jabatan Direktur RSMBM, dari Plt. Direktur RSMBM, Ni Made Yuniti kepada Direktur RSMBM, Ni Made Suryanadi.

Baca Juga  Sejak 22 Maret 9.647 PMI Pulang, Dewa Indra: Ke Depan Masih Ada yang akan Datang

Peringatan HUT RSMBM yang diselenggarakan secara sederhana dan penuh kekeluargaan ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali I Nyoman Gede Anom, Direktur Rumah Sakit Bali Mandara (RSBM) I Gusti Ngurah Putra Dharma Jaya, Direktur Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali Ni Wayan Murdani, Dewan Pengawas Rumah Sakit serta undangan lainnya. (gs/bi)

galungan
Advertisements
galungan dprd badung
Advertisements
galungan dprd bali
Advertisements
pln ucapan
Advertisements
stikom
Advertisements
pemprov bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

KESEHATAN

Pemkot Gelar Vaksinasi, Sterilisasi dan Konsultasi Gratis untuk HPR

Published

on

By

vaksinasi gratis di lapangan lumintang denpasar
VAKSINASI: Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana saat meninjau vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan dan sterilisasi gratis, Selasa (20/2) di Parkir Utara Lapangan Lumintang. (Foto: Hms Dps)

Denpasar, baliilu.com – Serangkaian HUT ke-236 Kota Denpasar, Dinas Pertanian Kota Denpasar bekerjasama dengan Yayasan BAWA (Bali Animal Welfare) dan Seva Buana menggelar vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan dan sterilisasi gratis, Selasa (20/2) di Parkir Utara Lapangan Lumintang.

Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana hadir meninjau pelaksanaan vaksinasi rabies yang tampak sejak pagi telah dihadiri masyarakat membawa binatang kesayangan, serta melaksanakan pendaftaran yang telah dimulai pada Pukul 09.00 Wita.

Sekda Alit Wiradana didampingi Kadis Pertanian, AA Gede Bayu Brahmasta didampingi Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Denpasar, Ni Made Suparmi menjelaskan, pelaksanaan pelayanan vaksinasi rabies seperti anjing, kucing dan kera/monyet dalam rangka memperingati HUT ke-236 Kota Denpasar, dimana kegiatan dilaksanakan selama dua hari, dari tanggal 20-21 Februari 2024.

Kadis Pertanian, AA Gede Bayu Brahmasta menambahkan kegiatan vaksinasi ini untuk mengantisipasi Hewan Pembawa Rabies (HPR), serta mendukung terciptanya kesehatan hewan yang berkelanjutan di Kota Denpasar, dengan target 90% dari populasi HPR akan tervaksinasi.

“Vaksinasi rabies ini dilaksanakan untuk memastikan kesehatan HPR dan bebas rabies di Kota Denpasar,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, hasil dari pelaksanaan vaksinasi pada hari pertama yakni sebanyak 75 ekor anjing dan 12 ekor kucing. Terdapat pula sejumlah 20 ekor anjing dan 1 ekor kucing melakukan konsultasi kesehatan dan 25 ekor anjing dan 3 ekor kucing dilakukan sterilisasi.

“Kami berharap masyarakat Kota Denpasar yang memiliki hewan kesayangan dapat memanfaatkan layanan vaksinasi rabies gratis ini serta dapat menghubungi Distan Kota Denpasar Bidang Kesehatan Hewan, atau dapat melihat jadwal di masing-masing desa/kelurahan,” ujarnya. (eka/bi)

Baca Juga  PENGUMUMAN TIM SELEKSI CALON ANGGOTA KOMISI INFORMASI PROVINSI BALI MASA JABATAN 2020-2024

galungan
Advertisements
galungan dprd badung
Advertisements
galungan dprd bali
Advertisements
pln ucapan
Advertisements
stikom
Advertisements
pemprov bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca