Connect with us

POLITIK

Wayan Koster, di Balik Kemenangan Fantastik DANA-DIPA

BALIILU Tayang

:

de
Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali Wayan Koster

Karangasem, baliilu.com – Walau sejak sore hari, Rabu (9/12), pasca pilkada serentak 2020 dilaksanakan, Calon Bupati dan Wakil Bupati Karangasem Gede Dana dan I Wayan Artha Dipa (DANA-DIPA) sudah ada titik terang bakal meraih kemenangan, namun pada pukul 04.30.03 Wita, Kamis (10/12) sesuai yang dilansir KPU Bali, kemenangan sudah semakin nyata, dimana DANA-DIPA memperoleh jumlah suara 57,2 persen atau 72.584 suara.

Kemenangan fantastik dari pendatang baru yang harus berhadapan dengan incumbent bukan perkara  mudah. DANA DIPA mesti terus-menerus meyakinkan masyarakatnya akan program yang bakal digelontorkan yang sangat selaras dengan visi misi Pemerintah Provinsi Bali yakni Nangun Sat Kerti Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Karangasem Era Baru. Ada 5 arah program pembangunan yang salah satunya di bidang pangan, sandang, dan papan. Selain bidang pariwisata, bidang kesehatan dan pendidikan, bidang jaminan sosial dan ketenagakerjaan, serta bidang adat, agama, tradisi, seni dan budaya.

Dalam upaya mewujudkan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana yang harus bisa dijalankan di seluruh Bali, termasuk Karangasem, maka selama kampanye Paslon DANA-DIPA, Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali Wayan Koster setiap Sabtu-Minggu hadir ke Karangasem bertemu dengan masyarakat dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan juga melalui virtual dari Kantor DPC PDIP Karangasem.

Advertisements
de

Kenapa mantan Anggota DPR-RI dari Fraksi PDI Perjuangan 3 Periode ini begitu penuh semangat hadir menyapa warga masyarakat Karangasem, Wayan Koster menegaskan jengah terhadap Kabupaten Karangasem yang memiliki jumlah penduduk terbanyak nomor 3 dan luas wilayah nomor 3 di Bali, dengan kualitas pembangunannya yang makin mundur. Momentum pilkada ini tidak mau disia-siakan untuk melakukan perubahan. ‘’Karangasem memerlukan kepemimpinan yang kuat, dan memerlukan seorang bupati yang memiliki niat baik, tangggung jawab, dan memiliki moralitas yang baik,’’ katanya dalam satu kesempatan kampanye.

Baca Juga  Badung Raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2020

Wayan Koster pernah menyampaikan bahwa Karangasem merupakan kabupaten yang sangat sakral, memiliki potensi yang bisa meningkatkan perekonomian rakyatnya. Selain punya minuman tradisional berupa Arak Bali,  juga memiliki komoditi Salak Bali  yang tidak ada duanya di Bali. Karangasem kaya akan kain tenun yang unik, yakni kain Gringsing di Desa Tenganan, kain songket Sidemen, dan kain tenun Seraya. Jika dijalankan dengan baik, masyarakat Karangasem akan semakin sejahtera. Karangasem dan Bali akan semakin kuat untuk bersaing di kancah lokal, nasional, dan global.

Itulah kenapa Wayan Koster yang Gubernur Bali itu begitu berharap ada sebuah kepemimpinan baru yang mampu menyelaraskan program pembanguan dari Pusat, Provinsi hingga ke Kabupaten. Hingga support dari seorang Wayan Koster kepada calon dari PDIP ini sempat dalam sebuah debat disebutkan sebagai pertarungan seorang Koster di pilkada Karangasem.

Tapi, apa yang dilakukan Wayan Koster akhirnya berbuah manis pada pencoblosan 9 Desember. Dari rilis KPU Bali, untuk sementara DANA-DIPA menang 57, 2 persen dari lawannya yang incumbent.

Kini DANA DIPA tinggal menghitung hari untuk mewujudkan visi misi Nangun Sat Kerthi Lokal Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Karangasem Era Baru. Menata kawasan Pura Agung Besakih merupakan salah satu dari program lainnya yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat Karangasem. (gs)

de
Advertisements
de
Advertisements
de
Advertisements
de
Advertisements
de

POLITIK

AHY Puji Kinerja Made Mudarta Pimpin DPD Partai Demokrat Bali di Musda IV

Published

on

By

de
MUSDA IV: Pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) IV DPD Partai Demokrat Provinsi Bali Tahun 2021 yang diselenggarakan di Gedung Rama Sinta, Hotel Grand Inna Bali Beach Sanur, Denpasar, pada Rabu malam, 17 November 2021. (Foto: gs)

Denpasar, baliilu.com – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan sambutan secara live virtual zoom dari Amerika Serikat dalam pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) IV DPD Partai Demokrat Provinsi Bali Tahun 2021 yang diselenggarakan di Gedung Rama Sinta, Hotel Grand Inna Bali Beach Sanur, Denpasar, pada Rabu malam, 17 November 2021.

Dalam sambutannya, AHY beberapa kali menyebut nama dan memuji kinerja Made Mudarta, yang mana telah berhasil dua periode sebelumnya memimpin DPD Partai Demokrat Bali, Tahun 2011-2016 dan 2016-2021.

“Apa kabar Pak Made? Alhamdulilah kalau sehat, saya yakin sehat. Karena tadi getaran pidatonya sampai menembus Amerika Serikat. Jadi, getaran yel-yel dari seluruh kader yang dipimpin Pak Made Mudarta tadi menembus jarak dan waktu yang berbeda jauh ini. Saya mengucapkan terima kasih atas semangat yang ditunjukkan, semoga semangat ini tidak berhenti dalam ruang Musda, tetapi semangat perjuangan ini bisa kita perkuat dan pelihara sampai saatnya kontestasi politik Pemilu 2024,” ucap AHY, kepada para simpatisan dan kader Partai Demokrat yang berada di Gedung Rama Sita, Grand Inna Bali Beach, Sanur, Denpasar.

Advertisements
de

Sebagai petahana dalam pemilihan Ketua DPD Partai Demokrat Bali Tahun 2021-2026, AHY turut mengapresiasi kinerja segenap jajaran DPD Partai Demokrat lainnya, baik sekretaris, bendahara, direktur eksekutif, khususnya ketua panitia (SC). Kader Partai Demokrat pun diajak untuk terus kompak, solid, dan saling melengkapi sebagai satu keluarga besar.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat memberikan sambutan pada Musda IV DPD Partai Demokrat Provinsi Bali

“Musda adalah ajang untuk menyampaikan pandangan, gagasan, dan suara, yaitu para Ketua DPC se-Provinsi Bali. Para anggota fraksi Partai Demokrat, baik jajaran DPRD Provinsi maupun DPRD kabupaten/kota,” imbuhnya, seraya mengaku telah menyaksikan suguhan penampilan komunitas budaya dari generasi muda ‘’Jaya Swara’’ pada saat pembukaan Musda IV.

Baca Juga  Gubernur Koster Ucapkan Terimakasih kepada Menteri Agama RI atas Status IHDN Jadi UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

“Bali selamanya menjadi sesuatu yang berbeda, karena memiliki keunikan dan kekhasan, memiliki daya tarik kemuliaan dalam budaya, tradisi, dan kesenian. Inilah yang membuat saya selalu bangga dan selalu merindukan Bali,” ucap AHY yang sempat mencari-cari udeng untuk acara ini namun tidak menemukan di wilayah tempat tinggalnya.

Sementara itu, Made Mudarta dengan ciri khas udeng putihnya, di awal telah membakar api semangat para kader dalam pembukaan Musda IV Partai Demokrat. Yel-yelnya begitu menggelegar diikuti peserta ketika menyebut Demokrat Siap, Demokrat Setia, Demokrat Jaya, dan AHY Presiden!

“Agar Partai Demokrat kembali berjaya Tahun 2024 kata kuncinya, hanya satu: solid, solid, solid, atau kompak. Kalau kita sudah kompak yakin kita akan kembali mengulang kejayaan (seperti) tahun 2005,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) DPP Partai Demokrat dr. Ir. H.E. Herman Khaeron, M.Si., dalam pidatonya memaparkan saat ini dilakukan fase Musda ke-IV dengan melalui pembukaan, tiga kali sidang pleno di antaranya; sidang pleno I sampai pernyataan demisioner, sidang pleno II pembahasan program umum Partai Demokrat beserta dengan rekomendasinya, dan terakhir sidang pleno III akan menghasilkan calon yang diusulkan ke DPP.

“Jadi Musda akan menghasilkan calon Ketua DPD, yang diatur oleh AD/ART maksimum 3 nama, lalu akan diusulkan ke DPP untuk masuk fase tiga, yaitu tahapan pasca-Musda. Proses Ketua DPC, prosesnya akan sama nanti dengan pelaksanaan Muscab. Pada pasca-Musda kami akan lakukan fit and proper test, uji kelayakan dan kepatutan pada pelaksanaan Musda. Tentu sesuai AD/ART peraturan organisasi akan diusung atau diputuskan dalam sidang tim 3, bahwa calon yang diusulkan oleh Musda akan ditetapkan sebagai Ketua DPD terpilih, lalu di bawahnya akan menetapkan elemen formatur dan bagiannya telah ditetapkan dalam Musda. Nama-namanya akan ditetapkan setelah Ketua DPD terpilih, setelah itu fase terakhir dilakukan pelantikan,” pungkasnya. (gs)

Baca Juga  Masuki Musim Penghujan, DPUPR Denpasar Bersihkan Gorong-gorong

de
Advertisements
de
Advertisements
de
Advertisements
de
Advertisements
de
Lanjutkan Membaca

POLITIK

Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Bantuan, Komitmen Pemerintah Mendukung Partai Politik di Badung

Published

on

By

de
SERAH TERIMA BANTUAN: Sekda Wayan Adi Arnawa saat menghadiri acara silaturahmi dan penandatanganan berita acara serah terima bantuan keuangan partai politik di Kabupaten Badung tahun 2021, di Ruang Kriya Gosana Puspem Badung, Selasa (28/9).

Badung, baliilu.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa menghadiri acara silaturahmi dan penandatanganan berita acara serah terima bantuan keuangan partai politik di Kabupaten Badung tahun 2021, di Ruang Kriya Gosana Puspem Badung, Selasa (28/9).

Turut hadir Bendahara DPC PDIP Badung, I Nyoman Dirga Yusa, Ketua DPD Partai Golkar Badung I Wayan Suyasa, Ketua DPC Partai Demokrat Badung I Made Sunarta, Ketua DPC Gerindra Badung I Wayan Diesel Astawa, Sekretaris DPD Nasdem Badung Nyoman Winatha, Kaban Kesbangpol Badung I Nyoman Suendi, perwakilan Forkopimda Badung dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Sekda Badung Adi Arnawa mengatakan, hari ini adalah bentuk komitmen pemerintah mendukung partai politik yang mendapatkan suara pemilu di Kabupaten Badung tahun 2019. Pemerintah mendukung dalam membangun bidang politik. Bagaimanapun hubungan antara semua sektor termasuk kepada seluruh jajaran partai politik membantu pemerintah untuk bersama-sama melakukan tindakan-tindakan nyata. Dimana kita di dalam setiap kegiatan harus saling bersinergi.

Advertisements
de

Pihaknya juga mengatakan bagaimana ke depan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Badung ini perlu bersinergi dengan semua stakeholder yang ada. Kita saat ini masih bertumpu pada sektor pariwisata, kita harus mulai berani keluar dari pariwisata dan mengembangkan sektor- sektor yang lain. Mudah-mudahan dengan kegiatan acara ini, tentu apa yang menjadi impian dari partai politik selama ini dalam rangka mendukung kegiatan-kegiatan yang bisa dibantu secara maksimal.

”Mohon maaf sekali, kami dari Kabupaten Badung baru bisa memberikannya di pengujung tahun,” ujarnya.

Lanjut, Adi Arnawa meminta kepada parpol yang menerima bantuan hari ini, agar paling lambat 1 bulan setelah anggaran 2021 ini  dapat memasukkan laporan pertanggungjawaban sebagai realisasi dari bantuan hibah tersebut dengan tepat waktu. Melalui kegiatan itu dapat menjaga hubungan harmonis partai yang memiliki perwakilan di DPRD dengan Pemerintah Kabupaten Badung.

Baca Juga  Selain untuk Masyarakat, Dandim Tabanan Bagikan Masker kepada Jajaran

Sementara itu, Kaban Kesbangpol Badung I Nyoman Suendi mengungkapkan, berdasarkan keputusan Bupati Badung tentang pemberian kegiatan pelaksanaan kebijakan di bidang politik sehingga mendapatkan bantuan keuangan. “Tujuan penyerahan bantuan keuangan parpol adalah sebagai ajang silaturahmi antara pemerintah kabupaten dengan pengurus parpol dan merupakan bentuk transparansi anggaran yang ada di Badan Kesbangpol Badung ke parpol. Terdapat 5 partai politik yang menerima dana hibah tahun anggaran 2021 hasil pemilihan umum 2019 lalu yakni Partai PDIP, Golkar, Gerindra, Demokrat dan Partai Nasdem,” ungkapnya. (gs)

de
Advertisements
de
Advertisements
de
Advertisements
de
Advertisements
de
Lanjutkan Membaca

POLITIK

Instruksi DPP: Wayan Koster Pastikan Bali PDI Perjuangan

Published

on

By

de
HADIRI DIKLAT: Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali Wayan Koster menghadiri Pelatihan Aplikasi Sosial Media dan Teknologi Informasi (Pasti) PDI Perjuangan di Grand Inna Bali Beach, Sanur-Bali, Jumat (28/5/2021).

Denpasar, baliilu.com – Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali Wayan Koster menghadiri Pelatihan Aplikasi Sosial Media dan Teknologi Informasi (Pasti) PDI Perjuangan di Grand Inna Bali Beach, Sanur-Bali, Jumat (28/5/2021). Pasti PDI Perjuangan merupakan kegiatan yang digagas Kepala Situation Room sekaligus Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Ekonomi Digital dan Ekonomi Kreatif, Muhammad Prananda Prabowo.

“Saya menjalankan instruksi dari Mas Prananda Prabowo untuk menyelenggarakan kegiatan Pasti PDI Perjuangan. Tindak lanjut instruksi tersebut, saya kumpulkan kader-kader muda potensial Partai di Pulau Dewata untuk dilatih dan dipersiapkan menjadi admin web situs resmi pdiperjuangan.id dan pdipkreatif.id,” kata Gubernur Bali Wayan Koster dalam pidato pembukaan acara.

Koster menjelaskan acara pembukaan Pasti PDI Perjuangan juga dihadiri para kader yang saat ini menduduki jabatan sebagai legislatif, eksekutif, dan struktural Partai.

Advertisements
de

“Sebelum kegiatan Pasti Bali PDI Perjuangan ini, kami tiga pilar DPD PDI Perjuangan telah bergotong royong menyelenggarakan berbagai lomba untuk memperingati HUT ke-48 PDI Perjuangan. Kami selenggarakan lomba barista Kopi Bali, lomba desain kain Tenun Endek, lomba mixology Arak Bali, dan lomba penulisan Aksara Bali,” ucap Koster.

Gubernur Koster mensyukuri provinsi yang dipimpinnya ditunjuk sebagai daerah pertama pelaksana kegiatan pelatihan. Penunjukan Bali menjadi pionir penyelenggara Pasti PDI Perjuangan, menurut Koster, karena pulau dewata sudah menjalankan kerjasama antarkabupaten dan kota sesuai Pola Semesta Pembangunan Berencana. 

“Bali yang berintegrasi dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana, menuju Bali Era Baru, dengan misi mengembangkan tatanan kehidupan krama Bali, menata wilayah dan lingkungan yang hijau, indah, bersih, dan nyaman,” jelas Koster.

Sebagai kepala daerah, Koster bangga karena Bali dipercaya menjadi penyelenggara pertama Pelatihan Aplikasi Sosial Media dan Teknologi Informasi DPP PDI Perjuangan.

Baca Juga  Badung Raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2020

“Kalau pertama itu percontohan bagi daerah lain. Harus bagus agar bisa diikuti. Saya tekankan para peserta berdisplin menjaga protokol kesehatan, sekaligus disiplin mengikuti pelatihan sampai selesai. Karena ini penting, agar mampu menguasai ilmu komunikasi dan teknologi digital,” pungkas Koster. (*/gs)

de
Advertisements
de
Advertisements
de
Advertisements
de
Advertisements
de
Lanjutkan Membaca