Monday, 5 December 2022
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

NEWS

1.534 Maba Geruduk ITB STIKOM Bali

Mahasiswa IT Pentas Kolosal Tari Kecak

BALIILU Tayang

:

stikom
Opspek ala ITB STIKOM Bali dimana ribuan mahasiswa baru secara kolosal mementaskan Tari Kecak. (Foto: Ist)

Denpasar, baliilu.com – ITB STIKOM Bali mencatat rekor tertinggi dalam meraup mahasiswa baru. Tahun Akademik 2022 / 2023 ini tercatat sebanyak 1.534 mahasiswa baru (maba) dan dilantik oleh Pembina Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar – induk ITB TIKOM Bali – Prof. Dr. I Made Bandem, MA dalam acara Gema Mahasiswa Teknologi Informasi (GMTI) XXI bertempat di Lapangan Praja Raksaka, milik Kodam IX/Udayana, Kepaon, Denpasar Selatan.

Sebanyak 1.534 maba itu tersebar di Prodi Bisnis Digital 298 orang, Prodi Teknologi Informasi 269, Prodi Sistem Komputer 196 orang, Prodi Sistem Informasi 720 orang, Prodi Manajemen Informatika  18 orang, Program Dual Degrre International Class kerja sama dengan HELP University Kuala Lumpur  24 orang dan Program Dual Degree National Class kerja sama dengan STT Bandung 17 orang.

Dalam sambutannya, Prof. Made Bandem mengatakan dengan senang hati ITB STIKOM Bali  menerima 1.543 maba. “Saya mengucapkan terima kasih kepada anak-anakku sekalian karena telah menentukan pilihannya sendiri. Tanpa mengabaikan perguruan tinggi lain, pilihan menjadi mahasiswa ITB STIKOM Bali adalah pilihan yang sangat tepat,” kata Prof. Made Bandem.

Menurut Prof. Bandem ada tiga hal yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat, yakni teknologi, bisnis dan kebudayaan. “Ketiga hal itulah yang nanti adik-adik pelajari ITB STIKOM Bali,” kata Bandem.

Disebutkan, teknologi adalah sekumpulan disiplin ilmu yang dirangkum menjadi satu yang bisa meningkatkan nilai kehidupan kita. Ada teknologi sederhana dan ada yang sangat teknologi advanced seperti digital dan internet saat ini. Mengutip Prof. Habbibie yang mengatakan ada tiga jenis teknologi yakni teknologi perangkat berat seperti kapal terbang, mobil dan lainnya. Teknologi perangkat lunak seperti penciptaan komputer dan program-programnya, dan perangkat otak yakni penciptaan kecerdasan buatan untuk kehidupan di masa kini dan yang akan datang. Hal kedua adalah bisnis yang akan memberikan kesejahteraan pada kehidupan masyarakat, dan yang ketiga adalah kebudayaan yang berbasis kreativitas dan inovasi.

Baca Juga  Dua Dekade ITB STIKOM Bali Bersama Tulus

Menyinggung peningkatan jumlah maba tahun ini, menurut mantan Rektor ISI Denpasar dan ISI Yogyakarta itu karena ITB STIKOM Bali sudah menerapkan sistem perkuliahan hybrid secara baik. “Mahasiswa bisa memilih kuliah secara daring atau datang langsung ke kampus. Selain itu juga ITB STIKOM Bali melaksanakan perkuliahan dengan magang di luar negeri, ke Taiwan, ke Korea, ke Jepang dan ke Singapura dan itu yang menjadi daya tarik masyarakat,” urai Prof. Made Bandem.

Di tempat yang sama, Rektor ITB STIKOM Bali Dr. Dadang Hermawan menjelaskan, jumlah mahasiswa baru sebanyak itu karena ada perubahan paradigma masyarakat. Di era pandemi sekarang ini transformasi perubahan masyarakat ke IT sangat cepat sehingga menjadi pendorong banyak mahasiswa baru tahun ini. Ada kenaikan lebih dari 20 persen dibanding jumlah mahasiswa tahun lalu, sekitar 1.250 orang.

stikom
Pelepasan burung pada acara Gema Mahasiswa Teknologi Informasi (GMTI) XXI bertempat di Lapangan Praja Raksaka, Kodam IX/Udayana, Kepaon, Denpasar Selatan. (Foto: Ist)

“Selain itu sosialisasi dan literasi yang kami lakukan ke anak-anak kita, ke sekolah-sekolah baik langsung maupun tidak langsung, baik luring maupun daring kami lakukan semaksimal mungkin sehingga ini menyebabkan kenaikan 20 persen cukup signifikan. Ini menunjukkan transformasi masyarakat ke IT sangat baik dan kami sudah ada di zaman itu dan ini menggemberikan kami semua, baik rektorat maupun pendiri ITB STIKOM Bali,” terang Dadang Hermawan.

Rekor maba sebanyak 1.534 orang tersebut mendapat apresiasi dari Pengawas Yayasan Widy Dharma Shanti Denpasar, Drs. Satrya Dharma. “Saya atas nama Yayasan memberi apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada teman-teman di ITB STIKOM Bali. Bahwa di tahun yang sulit ini karena pandemi, ITB STIKOM Bali mencatat prestasi yang luar biasa karena saya tahun ada beberapa perguruan tinggi lain malah jeblok, jumlah mahasiswanya turun, tapi justru di ITB STIKOM Bali jumlah mahasiswanya meningkat. Jadi saya sangat salut dengan kerja keras dari ITB STIKOM Bali,” kata Satrya Dharma.

Baca Juga  Dandy Pramana Hostiadi, Alumni Pertama ITB STIKOM Bali Raih Doktor "Network Security" di ITS

Yang menarik dari GMTI atau Opspek ala ITB STIKOM Bali ini adalah ribuan mahasiswa baru itu secara kolosal mampu mementaskan Tari Kecak. Walaupun maba itu tidak hanya anak muda Bali melainkan mereka datang dari berbagai daerah di Indonesia. Ketua Panitia  GMTI XXI ITB STIKOM Bali Gusi Bagus Arya Dwipayana menerangkan sebelum GMTI, sudah digelar kegiatan Pra-GMTI untuk latihan baris-berbaris dan pentas kolosal Tari Kecak. “Mahasiswa baru ITB STIKOM Bali tidak hanya orang Bali tetapi juga ada dari Jawa, NTT, NTB dan daerah lain di Indonesia. Setelah latihan 2 hari ternyata bisa, astungkara mereka bisa menari Kecak,” kata Gusi Bagus Aya Dwipayan memuji anak buahnya yang memukau para pejabat ITB STIKOM Bali.

GMTI XXI ITB STIKOM Bali ini akan berlangsung hingga 15 September mendatang dengan berbagai materi dari para pejabat struktural ITB STIKOM Bali tentang kehidupan kampus. (gs/bi)

Advertisements
iklan pemprov

sumpah pemuda pemkot
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
ucapan hut mangupura
Advertisements
iklan
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWS

Universitas Udayana Gelar Wisuda Ke-151, Rektor Lepas 898 Wisudawan

Published

on

By

wisuda
Universitas Udayana (Unud) menggelar Wisuda Ke-151 bertempat di Auditorium Widya Sabha Kampus Unud Jimbaran, Sabtu (3/12/22). (Foto: ist)

Jimbaran, Badung, baliilu.com – Universitas Udayana (Unud) menggelar Wisuda Ke-151 bertempat di Auditorium Widya Sabha Kampus Unud Jimbaran, Sabtu (3/12/22). Wisuda periode ini diikuti sebanyak 898 wisudawan dari seluruh fakultas di lingkungan Unud.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unud Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, MP.,IPU dalam laporannya menyampaikan wisuda ke-151 kali ini berasal dari tingkat Diploma 1 orang, Profesi 183 orang, Spesialis 60 orang, Sarjana (S1) 547 orang, Magister 84 orang dan Doktor 23 orang. Dengan demikian, dari awal berdirinya Universitas Udayana sampai saat ini sudah memiliki alumni sebanyak 113.204 orang. Dari jumlah wisudawan tersebut yang memperoleh predikat Dengan Pujian atau Cum Laude sebanyak 217 orang. Wisudawan hari ini didominasi oleh kaum perempuan yang jumlahnya 511 orang sedangkan wisudawan laki- laki hanya 387 orang.

wisuda
Peserta Wisuda Ke-151 Unud bertempat di Auditorium Widya Sabha Kampus Unud Jimbaran, Sabtu (3/12/22). (Foto: ist)

Dalam kesempatan ini, Wakil Rektor Bidang Akademik mengucapkan selamat kepada wisudawan dan terimakasih kepada keluarga wisudawan atas kepercayaan yang diberikan pada Universitas Udayana sebagai tempat proses pembelajaran di Pendidikan Tinggi. “Melalui pendidikan yang telah ditempuh, saudara tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan tetapi juga berkehidupan yang cerdas dengan mengedepankan kepribadian yang baik dalam bekerja dan bermasyarakat, selalu memiliki dedikasi, inovasi dan kolaborasi dalam bekerja. Hal tersebut merupakan kunci kesuksesan dalam kehidupan saudara,” ujarnya.

Sementara itu Rektor Unud Prof. I Nyoman Gede Antara pada kesempatan ini menyerahkan penghargaan kepada lulusan terbaik dari masing-masing fakultas/spesialis dan profesi. 

rektor
Rektor Unud Prof. I Nyoman Gede Antara. (Foto: ist)

Rektor dalam sambutannya mengatakan, seluruh wisudawan telah lulus tepat waktu, yang menandakan seluruh proses perkuliahan telah berjalan sesuai standar yang ditetapkan. Unud selama ini, juga menerapkan tracing study kepada seluruh lulusan untuk mengetahui aktivitas alumni Unud setelah menyelesaikan pendidikan. Dari tracing study tersebut, bisa diketahui apakah wisudawan tersebut telah bekerja atau belum dan apakah sesuai dengan minat bakat, kompetensi yang dimiliki serta besaran gaji yang diterima. 

Baca Juga  Mahasiswa ITB STIKOM Bali Juara Tinju Nasional dan Runner Up Silat

“Dari tracing study yang telah dilakukan sebelum-sebelumnya, sebagian besar lulusan Unud telah bekerja. Bahkan Unud juga terus mendorong para mahasiswanya untuk memiliki pola pikir menjadi wirausahawan. Hal tersebut telah ditanamkan sejak di bangku kuliah dengan membuka inkubator bisnis, kurikulum wirausaha pendampingan dan sejenisnya. Hal ini bertujuan untuk membuka wawasan para lulusan agar tidak hanya berfokus mencari pekerjaan namun bisa menciptakan lapangan pekerjaan,” ucapnya.

Unud juga terus berupaya mengupgrade kurikulum yang dimiliki agar sesuai dengan kebutuhan dunia kerja yang semakin dinamis dewasa ini. Pihaknya kerap meminta masukan dan informasi dari para alumni yang telah bekerja, terkait ilmu-ilmu dan kompetensi apa yang diperlukan, sehingga Unud bisa membuat kurikulum yang lebih tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan dunia industri. Untuk meningkatkan kualitas lulusan Unud juga telah berupaya menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa agar mereka lebih berdaya saing dan lebih mudah merebut peluang di dunia kerja.

wisuda
Rektor Unud Prof. I Nyoman Gede Antara bersama salah satu wisudawan membentuk simbol cinta pada Unud. (Foto: ist)

Selain itu Rektor juga menyampaikan bahwa Unud saat ini sedang bertransformasi menuju Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH). Melalui PTN-BH, Unud bermaksud untuk melakukan peningkatan dalam konteks tata kelola dan pemberdayaan segenap aset yang dimiliki dan meningkatkan pelayanan dan mutu pendidikan tinggi di Unud. Melalui PTN-BH, Unud diharapkan dapat tumbuh dan berkembang menjadi lembaga pendidikan tinggi yang lebih berkualitas ke depannya. PTN-BH juga menjadi salah satu syarat bagi Unud untuk nantinya dapat meraih status World Class University menuju universitas dengan kualitas internasional dan berdaya saing global. Sumber: https://www.unud.ac.id/in/headline5212-Universitas-Udayana-Gelar-Wisuda-ke-151-Rektor-Lepas-898-Wisudawan.html (gs/bi)

Advertisements
iklan pemprov

sumpah pemuda pemkot
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
ucapan hut mangupura
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

NEWS

Menko Marves Buka AISF 6th Senior Official Meeting, Polda Bali Perketat Pengamanan

Published

on

By

Menko Marves
Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan. (Foto : ist)

Nusa Dua, Badung, baliilu.com – Dalam rangka mengamankan event Achipelagic Island State Forum (AISF) 6th Senior Official Meeting yang dibuka langsung Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan, Polda Bali memperketat penjagaan pintu masuk kegiatan yang dilaksanakan di Bali International Convention Center (BICC), Senin(5/12/2022).

Penjagaan pintu masuk dilaksanakan untuk memastikan keamanan dan kelancaran kegiatan 6th Senior Official Meeting. “Polda Bali memperketat penjagaan pintu masuk area kegiatan  6th Senior Official Meeting untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para delegasi, serta untuk memastikan tidak ada barang berbahaya yang masuk ke dalam area kegiatan,” terang Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Satake Bayu S.I.K.,M.Si.

Menurut Kombes Pol Satake Bayu  dalam pengamanan pintu masuk kegiatan ini Polda Bali menerjukan personel berpakaian preman dengan menggunakan batik dan jas. “Ini merupakan bentuk komitmen Polda Bali dalam mengamankan seluruh Event Internasional yang dilaksanakan di Pulau Dewata agar berjalan aman dan lancar,” tandasnya. (eka/bi)

Advertisements
iklan pemprov

sumpah pemuda pemkot
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
ucapan hut mangupura
Advertisements
iklan
Baca Juga  Program Asing Unud Ajarkan Mahasiswa Asing Tari Kecak
Lanjutkan Membaca

NEWS

KUI Unud Gelar ‘’2nd International Education & Culture Festival’’

Published

on

By

kui
KUI Unud saat menyelenggarakan 2nd International Education & Culture Festival, yang berlangsung di Aula Nusantara Kampus Unud Sudirman Denpasar, pada Senin (5/12/2022). (Foto: ist)

Denpasar, baliilu.com – Kantor Urusan Internasional Universitas Udayana (KUI Unud) menyelenggarakan 2nd International Education & Culture Festival, dengan tema Study Abroad Seminar and Education Exhibition yang berlangsung di Aula Nusantara Kampus Unud Sudirman Denpasar, pada Senin (5/12/2022).

Education Exhibition ini berlangsung selama dua hari dari tanggal 5-6 Desember 2022 dan menghadirkan perwakilan dari Australian Consulate General, Consulate General of Japan, Consulate General of India, Embassy of Malaysia, International Korea Culture and Study, British Council, Tourism Confucius Institute Unud, Naresy International Educational Centre, Indonesia Britain Education Centre, dan Education USA. 

unud
Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Prof. Dr. dr. I Putu Gede Adiatmika, M.Kes. (Foto: ist)

Rektor Universitas Udayana yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Prof. Dr. dr. I Putu Gede Adiatmika, M.Kes menyampaikan bahwa Study Abroad Seminar ini merupakan salah satu rangkaian acara International Education and Cultural Festival yang diselenggarakan oleh Kantor Urusan Internasional Universitas Udayana. Kegiatan ini juga merupakan kolaborasi antara KUI dengan para partner dari beberapa Konsulat Jenderal yang ada di Bali dan juga instansi  pendidikan, khususnya terkait pendidikan di luar negeri.

Belajar di luar negeri merupakan impian dari banyak siswa, sehingga seminar mengenai pengetahuan tentang beasiswa dan sistem pendidikan di luar negeri merupakan hal yang sangat menarik untuk dilaksankan. Karena sebelum memulai untuk studi di luar negeri, tentu banyak hal yang harus dipersiapkan oleh mahasiswa itu sendiri. Tinggal di negara baru dalam kurun waktu yang lama tentu akan membawa tantangan tersendiri bagi para mahasiswa karena mereka dituntut untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan baru. Wakil Rektor memberikan apresiasinya terhadap pelaksanaan kegiatan study abroad seminar yang sangat positif dan tentunya bermanfaat bagi mahasiswa, khususnya yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Baca Juga  Pawai PKB, Mahasiswa ITB STIKOM Bali Pukau Mendagri dan Menparekraf
kui
Koordinator KUI Dr. Eng. Ni Nyoman Pujianiki, ST.,MT.,M.Eng (Foto: ist)

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator KUI Dr. Eng. Ni Nyoman Pujianiki, ST.,MT.,M.Eng menyampaikan bahwa kegiatan International Education & Culture Festival ini akan berlangsung dalam dua hari, di tanggal 5 Desember dilaksanakan rangkaian Seminar Internasional dan pada tanggal 6 Desember dilaksanakan Culture Festival yang dihadiri oleh seluruh perwakilan Konjen yang ada di Denpasar.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pendidikan sejalan dengan program pemerintah dalam bidang MBKM. Peserta yang hadir diperkirakan lebih dari 1.000 peserta, selain dari kalangan mahasiswa juga dari SMA yang ada di Denpasar. Harapannya kepada peserta yang hadir pada kegiatan ini  untuk mendapatkan informasi bagaimana studi atau melanjutkan studi di luar negeri. Khususnya kepada mahasiswa diharapkan agar aktif bertanya pada stand-stand perwakilan negara yang hadir dalam kegiatan ini. Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita5213-Kantor-Urusan-Internasional-Unud-Gelar-2nd-International-Education-Culture-Festival-Study-Abroad-Seminar-and-Education-Exhibition-.html (gs/bi)

Advertisements
iklan pemprov

sumpah pemuda pemkot
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
ucapan hut mangupura
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca