Monday, 15 July 2024
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

SOSIAL

Atasi Dampak Wabah Covid-19, MGPSSR Klungkung Serahkan Paket Sembako kepada Pemangku

BALIILU Tayang

:

de
KETUA MGPSSR KLUNGKUNG WAYAN SUDIARSA: Serahkan paket sembako kepada pemangku. (foto:man)

Klungkung, baliilu.com – Wabah Covid-19 yang telah terjadi selama dua bulan ini, telah memberikan dampak terhadap berbagai sendi kehidupan masyarakat, termasuk di bidang ekonomi. Untuk membantu warga masyarakat di bidang ekonomi, Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) Kabupaten Klungkung berupaya menggalang bantuan dana dari para donatur. Penggalangan dana ini dilakukan sejak bulan April tahun 2020 dan hasilnya digunakan untuk mengadakan paket-paket sembako dan dibagikan kepada warga masyarakat yang terdampak pada hari Minggu (24/5-2020).

Bantuan paket sembako pada tahap pertama ini menyasar para pemangku yang aktif ngayah di MGPSSR Kabupaten Klungkung ataupun di Pura Penataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bethara Mpu Gana di Pundukdawa. Total paket sembako yang dibagikan sebanyak 90 paket, menyasar para pemangku dari Kecamatan Klungkung, Banjarangkan dan Dawan. Pembagian dilakukan oleh Pengurus MGPSSR Kabupaten Klungkung, disaksikan Pengurus MGPSSR masing-masing Kecamatan serta pengurus Paiketan Pemangku MGPSSR Kabupaten Klungkung.

de
MGPSSR KLUNGKUNG: Kembali bagikan paket sembako

Untuk mengantisipasi penularan Covid-19, pembagiannya pun tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menghindari kerumunan, menjaga jarak, ataupum  mencuci tangan. Oleh karena itu pembagiannya dilakukan secara bertahap. Pada pagi hari untuk Kecamatan Klungkung, pada siang hari untuk Kecamatan Banjarangkan, yang dilaksanakan di Sekretariat sementara MGPSSR Kabupaten Klungkung di Br. Losan, Desa Takmung Kecamatan Banjarangkan. Sedangkan untuk kecamatan Dawan dibagikan pada sore hari di Sekretariat MGPSSR Kabupaten Klungkung di Kanista Mandala Pura Penataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bethara Mpu Gana di Pundukdawa.

“Punia paket sembako ini berasal dari donator para semeton dan Ida Nak Lingsir sebagai wujud guyub masemeton. Juga diperoleh bantuan paket sembako dari BPD Bali Cabang Klungkung sebanyak 20 paket. Semoga dapat membantu para panglingsir yang terdampak pandemi Covid-19,” ujar Ketua MGPSSR Kabupaten Klungkung I Wayan Sudiarsa ketika menyerahkan bantuan.

Baca Juga  Update Covid-19 (28/7) di Bali, Persentase Sembuh Naik Lagi, Hari Ini Capai 80,86%

Sudiarsa mengingatkan kembali para pemangku untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. “Semoga asung kerta wara nugraha Ida Hyang Widhi dan Ida Bethara Lelangit, kita semua dapat melewati pandemi ini tanpa ada satu pun di antara kita yang menjadi korban,” imbuh Sudiarsa.

Lebih lanjut Sudiarsa menjelaskan pada tahap pertama ini bantuan paket sembako baru diserahkan kepada para pemangku dari tiga kecamatan di Klungkung daratan. Untuk Kecamatan Nusa Penida, bantuannya telah disiapkan, namun teknis pembagiannya masih berkoordinasi dengan pengurus MGPSSR Kecamatan Nusa Penida. Juga disampaikan sebelumnya  MGPSSR Kabupaten Klungkung dengan didukung oleh Jagabaya Pasek MGPSSR Klungkung telah mengadakan penyemprotan desinfektan seminggu sekali ke griya-griya Ida Pandita Mpu disertai ngaturang masker, hand sanitizer serta rsi bhojana berupa paket sembako.

Lebih lanjut Sudiarsa menjelaskan rencana pelaksanaan Pitra Yadnya Kinembulan yang akan digelar pada Juli tahun 2020. “Kita masih menunggu perkembangan, karena pelaksanaan yadnya kinembulan tersebut termasuk karya ngewangun (terencana) dan sulit untuk menghindari keramaian. Mari kita tunggu perkembangan, semoga wabah Covid-19 cepat berlalu dan yadnya kinembulan tersebut dapat terlaksana,” harapnya.

Sebagai alternatif, Sudiarsa pun memaparkan program Puspa (Paket Upacara Setempat) yang memungkinkan pelaksanaan yadnya di tempat masing-masing ataupun tempat tertentu dengan tetap mematuhi protokol Covid-19. Misalnya bila ada yang kelayusekaran, MGPSSR Kabupaten Klungkung siap memfasilitasi umat untuk menyelenggarakan upacara Pitra Yadnya dengan biaya yang terjangkau.

“Biayanya hanya 15 juta rupiah dan ini sudah termasuk kajang. Pelaksanaannya bisa di setra masing-masing ataupun di krematorium,” pungkas Sudiarsa. (*/man)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
gelombang 4b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SOSIAL

‘Pemprov Bali Hadir’ Beri Bantuan Warga Kurang Mampu di Desa Bondalem

‘‘Ngrombo’’ Bersama Komunitas Satu Hati dan Stakeholder Lainnya

Published

on

By

indra
SERAHKAN BANTUAN: ‘Pemprov Bali Hadir’ yang dipimpin Sekda Bali Dewa Made Indra menyerahkan bantuan di 3 (tiga) lokasi penerima bantuan pada Minggu (23/6) di Desa Bondalem, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng. (Foto: Hms Pemprov Bali)

Buleleng, baliilu.com – Pemerintah Provinsi Bali melalui program ‘Pemprov Bali Hadir’ kembali memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu di Provinsi Bali. Bekerjasama dengan Komunitas Satu Hati, ‘Pemprov Bali Hadir’ menyerahkan bantuan di 3 (tiga) lokasi penerima bantuan pada Minggu (23/6) di Desa Bondalem, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng.

Penerima Bantuan Pertama atas nama Ayu Windrayani beralamat di Banjar Jro Kuta, Desa Bondalem telah lumpuh sejak lahir karena penyakit polio yang mengakibatkan tidak dapat beraktifitas normal seperti perempuan biasanya. Untuk melakukan kegiatan sehari-hari ia sangat bergantung pada bantuan orang tua dan keluarga lainnya. Namun belakangan orang tua Ayu Windrayani yang merupakan nelayan pun tidak dapat membantu banyak dalam ekonomi keluarga karena sudah sering sakit-sakitan mengingat usia tua.

Pemerintah Provinsi Bali ngrombo bersama Komunitas Satu Hati memberikan bantuan berupa kursi roda, kasur, sembako dan uang tunai kepada Ayu Windrayani dan keluarga. Sekda Provinsi Bali, Dewa Made Indra mewakili Pj. Gubernur Bali berharap bantuan yang diberikan dapat sedikit membantu beban keluarga. “Harus dilatih pakai kursi roda biar terbiasa,” ungkap Dewa Made Indra saat menyerahkan bantuan kepada keluarga.

Selanjutnya di Banjar Suksuk, Desa Bondalem Pemerintah Provinsi Bali bersama Komunitas Satu Hati menyerahkan bantuan kepada Bapak Nyoman Kari yang telah 15 tahun lumpuh karena terjatuh dari pohon lontar (ental) ketika hendak mencari tuak. Bantuan yang diberikan berupa bantuan uang tunai, kasur, sembako serta bantuan rehab dapur dan kamar mandi. Bapak Nyoman Kari beserta keluarga tinggal di rumah sangat sederhana dengan dapur terbuka yang kurang layak. Dapur kayu bakar tersebut tidak memiliki dinding yang menyebabkan air akan masuk ketika hujan terjadi. Begitu juga dengan kamar mandi yang terlihat setengah terbuka karena pintu yang rusak.

Baca Juga  Bupati Tabanan Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1444 Hijriah

Di lokasi terakhir di Banjar Lemo Sari, Desa Bondalem bantuan biaya sekolah diberikan kepada Novi (7 tahun). Selain itu diserahkan juga bantuan pakaian sekolah lengkap, tas, sembako, uang tunai dan bantuan rehab kamar mandi. Orang tua Novi merupakan penyakap (petani penggarap tanpa lahan) dan pengrajin tuak yang tinggal di lahan orang lain. Penghasilan kedua orang tua-nya nyaris tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Begitupun dengan kedua kakak laki-laki Novi, satu telah tamat SMA dan satu lagi harus putus sekolah setelah tamat SMP.

Sementara itu Sekda Dewa Made Indra berharap Novi memiliki masa depan yang lebih baik dan tidak putus sekolah. Ia meminta agar Dinas Sosial PPPA Provinsi Bali beserta dengan Disdikpora Provinsi Bali dapat membujuk pihak keluarga agar Novi dapat menjadi anak asuh di Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Udyana Wiguna, Buleleng. “Nanti sekolahnya dijamin, makannya dijamin, kebutuhan hariannya juga dijamin. Kalau Galungan atau Sabtu, Minggu bisa dijemput,” kata birokrat asal Pemaron, Buleleng. Ia menyampaikan dengan menjadi anak asuh di PSAA binaan Pemprov Bali tersebut, pendidikan Novi dapat terjamin lebih baik.

Sebelumnya di Balai Desa Bondalem, Pemerintah Provinsi Bali melalui Dinas Kesehatan Provinsi Bali juga memberikan pelayanan kesehatan gratis serta bantuan kaca mata baca gratis kepada masyarakat. Selain itu diserahkan juga bantuan paket sembako dan uang tunai kepada lansia, anak yatim piatu, balita terindikasi stunting dan penyandang disabilitas yang merupakan bantuan dari Instansi Pemerintah Provinsi Bali, Bank BPD Bali dan Yayasan Metta Mama Maggha. Kegiatan Bakti Sosial ini merupakan ngrombo bersama berbagai pihak sebagai upaya pengentasan kemiskinan dan kemiskinan ekstrem di Provinsi Bali yang didukung oleh berbagai pihak termasuk Dinas Sosial PPPA Provinsi Bali, Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Rumah Sakit Mata Bali Mandara, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali, Dinas Pendidikan dan Olahraga Provinsi Bali, Dinas Pariwisata Provinsi Bali dan Biro Pem Kesra Setda Provinsi Bali. (gs/bi)

Baca Juga  Sidak Berkala Penduduk Non-Permanen di Desa Dangin Puri Kelod

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
gelombang 4b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

SOSIAL

Ketua K3S Denpasar Serahkan Bantuan Kursi Roda di Dentim

Published

on

By

bantuan kursi roda denpasar
SERAHKAN KURSI RODA: Ketua K3S, Ny. Antari Jaya Negara didampingi Wakil Ketua K3S, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana, dari Dinas Sosial, dan hadir pula Camat Denpasar Timur, Ketut Sri Karyawati, perbekel/lurah dan kadus/kaling setempat saat penyerahan empat buah bantuan kursi roda kepada para lansia di wilayah Kecamatan Denpasar Timur, Senin (29/4). (Foto: Hms Dps)

Denpasar, baliilu.com – Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara bersama Dinas Sosial Kota Denpasar kembali menyerahkan bantuan kursi roda kepada lansia, Senin (29/4) di Kecamatan Denpasar Timur (Dentim).

Empat lokasi kediaman para lansia di Kecamatan Denpasar Timur dikunjungi Ketua K3S, Ny. Antari Jaya Negara didampingi Wakil Ketua K3S, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana, Camat Denpasar Timur, Ketut Sri Karyawati, perbekel/lurah dan kadus/kaling setempat. Para lansia yang dikunjungi mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diserahkan K3S dan Dinas Sosial Denpasar.

“Matur suksma Ibu Ketua K3S dan dari Dinas Sosial yang telah melihat kondisi kesehatan kami, serta menyerahkan bantuan kursi roda,” ujar Lansia I Nyoman Lotra yang bertempat tinggal di lingkungan Banjar Tegal Kuwalon, Sumerta Kaja.

Ia juga berharap bantuan ini dapat diberikan secara berkesinambungan kepada para lansia yang membutuhkan di Kota Denpasar.

Sementara Ketua K3S Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara menyampaikan, bantuan yang diserahkan kali tidak terlepas dari peran serta pihak corporate social responsibility (CSR) yang datang dari lembaga swasta, hingga BUMN. Empat bantuan kursi roda yang diserahkan kali ini datang dari CSR PT. Nindya Karya, dan telah kami serahkan langsung kepada para penerima yakni, para lansia yang membutuhkan bantuan alat kesehatan di wilayah Kecamatan Dentim.

“Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan pihak CSR yang telah diserahkan kepada lansia yang membutuhkan bantuan alat kesehatan di Kecamatan Dentim,” ujar Ny. Antari Jaya Negara.

Lebih lanjut disampaikan, penyerahan bantuan juga tidak terlepas dari peran serta Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) yang melaksanakan peninjauan di lapangan. Harapan kita bersama, bantuan ini dapat bermanfaat bagi para penerima untuk mendukung kegiatan sehari-hari di rumah maupun saat melaksanakan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit.

Baca Juga  Update Covid-19 (28/7) di Bali, Persentase Sembuh Naik Lagi, Hari Ini Capai 80,86%

“Penyerahan bantuan ini juga tidak terlepas dari pelayanan Pemkot Denpasar dan pihak CSR kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan. Bergerak bersama dalam balutan Vasudhaiva Kutumbakam, kita semua bersaudara dan bergotong-royong dalam menangani permasalahan sosial di Kota Denpasar,” ujar Antari Jaya Negara. (eka/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
gelombang 4b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

SOSIAL

Pemprov Bali Melalui BPBD Bantu Warga Kurang Mampu di Desa Sibetan

Published

on

By

bantuan pemprov bali
SERAHKAN BANTUAN: Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali I Made Rentin saat menyerahkan bantuan dana kepada warga Desa Sibetan yang bertempat tinggal di Br. Wates Kaja, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Kamis (4/4). (Foto: Hms Pemprov Bali)

Karangasem, baliilu.com – Sebagai bentuk kepedulian pada warga kurang mampu di Bali, Pemerintah Provinsi Bali memberikan bantuan secara langsung kepada masyarakat yang membutuhkan melalui gerakan “Pemprov Bali Hadir”. Seperti yang dilakukan BPBD Bali yang mengunjungi warga Desa Sibetan yang bertempat tinggal di Br. Wates Kaja, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Kamis (4/4).

Bantuan berupa uang tunai senilai Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) diserahkan langsung oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali I Made Rentin kepada warga kurang mampu I Nyoman Daging, seorang buruh serabutan yang penghasilan sehari-harinya tidak menentu. Sebelumnya, ia bersama istri dan seorang anaknya tinggal bersama di rumah saudaranya. Yayasan Lentera Hati sebelumnya juga telah memberikan bantuan pembangunan berupa sebuah rumah namun sempat viral di media sosial bahwa keluarga Nyoman Daging juga membutuhkan bantuan berupa peralatan rumah tangga, seperti kasur, lemari, hingga peralatan dapur.

“Melalui pemberitaan viral itu, Bapak Pj. Gubernur Bali S.M. Mahendra Jaya yang melihat pun tergerak dan mengajak jajarannya untuk menyambangi langsung dan membantu Bapak Nyoman Daging dengan cara Ngrombo,” jelas I Made Rentin pagi tadi.

I Made Rentin pun berpesan agar uang yang diberikan ini dipergunakan sebaik-baiknya, sembari berharap bisa memenuhi kebutuhan mendesak lainnya di rumah baru I Nyoman Daging kelak. “Semoga Bapak Nyoman Daging sehat terus, agar bisa membangun kehidupan yang bahagia bersama keluarga kecilnya kelak,” imbuhnya.

Tak lupa, pada kesempatan pagi itu, ia pun mengucapkan terima kasih kepada jajaran pengurus desa khususnya Camat Bebandem dan Perbekel Desa Sibetan atas partisipasi aktifnya selama ini. Ia berpesan bahwa Pemprov Bali terus ingin berkolaborasi untuk mengurangi kemiskinan di lapangan, sehingga peran aktif aparat desa dan kecamatan terus dibutuhkan.

Baca Juga  Setelah Gianyar, Gubernur Koster Bangun Kantor Majelis Desa Adat di Bumi Mekepung

Camat Bebandem I Gusti Ngurah Wiranata dan Perbekel Desa Sibetan I Made Beru Suryawan mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Bali beserta jajaran atas kepedulian yang ditunjukkan kepada warganya. Mereka pun menyatakan komitmen akan terus berkoordinasi aktif baik dengan Pemkab Karangasem dan Pemprov Bali dalam upaya mengentaskan kemiskinan di Bali.

Ucapan terima kasih juga dilontarkan I Nyoman Daging, karena bantuan ini sangat berguna baginya. Ia pun berharap, dengan bantuan pembangunan rumah serta peralatan rumah tangga, ia dan keluarga kecil bisa membuka lembaran baru yang lebih baik dalam kehidupan mereka. (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
gelombang 4b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca