Saturday, 13 April 2024
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

SOSIAL

Atasi Dampak Wabah Covid-19, MGPSSR Klungkung Serahkan Paket Sembako kepada Pemangku

BALIILU Tayang

:

de
KETUA MGPSSR KLUNGKUNG WAYAN SUDIARSA: Serahkan paket sembako kepada pemangku. (foto:man)

Klungkung, baliilu.com – Wabah Covid-19 yang telah terjadi selama dua bulan ini, telah memberikan dampak terhadap berbagai sendi kehidupan masyarakat, termasuk di bidang ekonomi. Untuk membantu warga masyarakat di bidang ekonomi, Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) Kabupaten Klungkung berupaya menggalang bantuan dana dari para donatur. Penggalangan dana ini dilakukan sejak bulan April tahun 2020 dan hasilnya digunakan untuk mengadakan paket-paket sembako dan dibagikan kepada warga masyarakat yang terdampak pada hari Minggu (24/5-2020).

Bantuan paket sembako pada tahap pertama ini menyasar para pemangku yang aktif ngayah di MGPSSR Kabupaten Klungkung ataupun di Pura Penataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bethara Mpu Gana di Pundukdawa. Total paket sembako yang dibagikan sebanyak 90 paket, menyasar para pemangku dari Kecamatan Klungkung, Banjarangkan dan Dawan. Pembagian dilakukan oleh Pengurus MGPSSR Kabupaten Klungkung, disaksikan Pengurus MGPSSR masing-masing Kecamatan serta pengurus Paiketan Pemangku MGPSSR Kabupaten Klungkung.

de
MGPSSR KLUNGKUNG: Kembali bagikan paket sembako

Untuk mengantisipasi penularan Covid-19, pembagiannya pun tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menghindari kerumunan, menjaga jarak, ataupum  mencuci tangan. Oleh karena itu pembagiannya dilakukan secara bertahap. Pada pagi hari untuk Kecamatan Klungkung, pada siang hari untuk Kecamatan Banjarangkan, yang dilaksanakan di Sekretariat sementara MGPSSR Kabupaten Klungkung di Br. Losan, Desa Takmung Kecamatan Banjarangkan. Sedangkan untuk kecamatan Dawan dibagikan pada sore hari di Sekretariat MGPSSR Kabupaten Klungkung di Kanista Mandala Pura Penataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bethara Mpu Gana di Pundukdawa.

“Punia paket sembako ini berasal dari donator para semeton dan Ida Nak Lingsir sebagai wujud guyub masemeton. Juga diperoleh bantuan paket sembako dari BPD Bali Cabang Klungkung sebanyak 20 paket. Semoga dapat membantu para panglingsir yang terdampak pandemi Covid-19,” ujar Ketua MGPSSR Kabupaten Klungkung I Wayan Sudiarsa ketika menyerahkan bantuan.

Baca Juga  Update Covid-19 (6/6) Kasus Positif Melonjak Naik 33 Orang, Dewa Indra: Cegah Covid-19, Minta Semua Elemen Masyarakat Bantu ‘Survailans’

Sudiarsa mengingatkan kembali para pemangku untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. “Semoga asung kerta wara nugraha Ida Hyang Widhi dan Ida Bethara Lelangit, kita semua dapat melewati pandemi ini tanpa ada satu pun di antara kita yang menjadi korban,” imbuh Sudiarsa.

Lebih lanjut Sudiarsa menjelaskan pada tahap pertama ini bantuan paket sembako baru diserahkan kepada para pemangku dari tiga kecamatan di Klungkung daratan. Untuk Kecamatan Nusa Penida, bantuannya telah disiapkan, namun teknis pembagiannya masih berkoordinasi dengan pengurus MGPSSR Kecamatan Nusa Penida. Juga disampaikan sebelumnya  MGPSSR Kabupaten Klungkung dengan didukung oleh Jagabaya Pasek MGPSSR Klungkung telah mengadakan penyemprotan desinfektan seminggu sekali ke griya-griya Ida Pandita Mpu disertai ngaturang masker, hand sanitizer serta rsi bhojana berupa paket sembako.

Lebih lanjut Sudiarsa menjelaskan rencana pelaksanaan Pitra Yadnya Kinembulan yang akan digelar pada Juli tahun 2020. “Kita masih menunggu perkembangan, karena pelaksanaan yadnya kinembulan tersebut termasuk karya ngewangun (terencana) dan sulit untuk menghindari keramaian. Mari kita tunggu perkembangan, semoga wabah Covid-19 cepat berlalu dan yadnya kinembulan tersebut dapat terlaksana,” harapnya.

Sebagai alternatif, Sudiarsa pun memaparkan program Puspa (Paket Upacara Setempat) yang memungkinkan pelaksanaan yadnya di tempat masing-masing ataupun tempat tertentu dengan tetap mematuhi protokol Covid-19. Misalnya bila ada yang kelayusekaran, MGPSSR Kabupaten Klungkung siap memfasilitasi umat untuk menyelenggarakan upacara Pitra Yadnya dengan biaya yang terjangkau.

“Biayanya hanya 15 juta rupiah dan ini sudah termasuk kajang. Pelaksanaannya bisa di setra masing-masing ataupun di krematorium,” pungkas Sudiarsa. (*/man)

Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
nyepi dprd badung
Advertisements
dprd badung
Advertisements
iklan
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SOSIAL

Pemprov Bali Melalui BPBD Bantu Warga Kurang Mampu di Desa Sibetan

Published

on

By

bantuan pemprov bali
SERAHKAN BANTUAN: Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali I Made Rentin saat menyerahkan bantuan dana kepada warga Desa Sibetan yang bertempat tinggal di Br. Wates Kaja, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Kamis (4/4). (Foto: Hms Pemprov Bali)

Karangasem, baliilu.com – Sebagai bentuk kepedulian pada warga kurang mampu di Bali, Pemerintah Provinsi Bali memberikan bantuan secara langsung kepada masyarakat yang membutuhkan melalui gerakan “Pemprov Bali Hadir”. Seperti yang dilakukan BPBD Bali yang mengunjungi warga Desa Sibetan yang bertempat tinggal di Br. Wates Kaja, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Kamis (4/4).

Bantuan berupa uang tunai senilai Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) diserahkan langsung oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali I Made Rentin kepada warga kurang mampu I Nyoman Daging, seorang buruh serabutan yang penghasilan sehari-harinya tidak menentu. Sebelumnya, ia bersama istri dan seorang anaknya tinggal bersama di rumah saudaranya. Yayasan Lentera Hati sebelumnya juga telah memberikan bantuan pembangunan berupa sebuah rumah namun sempat viral di media sosial bahwa keluarga Nyoman Daging juga membutuhkan bantuan berupa peralatan rumah tangga, seperti kasur, lemari, hingga peralatan dapur.

“Melalui pemberitaan viral itu, Bapak Pj. Gubernur Bali S.M. Mahendra Jaya yang melihat pun tergerak dan mengajak jajarannya untuk menyambangi langsung dan membantu Bapak Nyoman Daging dengan cara Ngrombo,” jelas I Made Rentin pagi tadi.

I Made Rentin pun berpesan agar uang yang diberikan ini dipergunakan sebaik-baiknya, sembari berharap bisa memenuhi kebutuhan mendesak lainnya di rumah baru I Nyoman Daging kelak. “Semoga Bapak Nyoman Daging sehat terus, agar bisa membangun kehidupan yang bahagia bersama keluarga kecilnya kelak,” imbuhnya.

Tak lupa, pada kesempatan pagi itu, ia pun mengucapkan terima kasih kepada jajaran pengurus desa khususnya Camat Bebandem dan Perbekel Desa Sibetan atas partisipasi aktifnya selama ini. Ia berpesan bahwa Pemprov Bali terus ingin berkolaborasi untuk mengurangi kemiskinan di lapangan, sehingga peran aktif aparat desa dan kecamatan terus dibutuhkan.

Baca Juga  Update Covid-19 (15/6) Bali, Astungkara Pasien Sembuh Melonjak 28 Orang

Camat Bebandem I Gusti Ngurah Wiranata dan Perbekel Desa Sibetan I Made Beru Suryawan mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Bali beserta jajaran atas kepedulian yang ditunjukkan kepada warganya. Mereka pun menyatakan komitmen akan terus berkoordinasi aktif baik dengan Pemkab Karangasem dan Pemprov Bali dalam upaya mengentaskan kemiskinan di Bali.

Ucapan terima kasih juga dilontarkan I Nyoman Daging, karena bantuan ini sangat berguna baginya. Ia pun berharap, dengan bantuan pembangunan rumah serta peralatan rumah tangga, ia dan keluarga kecil bisa membuka lembaran baru yang lebih baik dalam kehidupan mereka. (gs/bi)

Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
nyepi dprd badung
Advertisements
dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

SOSIAL

Inspektorat Bareng BRIDA Bantu Dua Anak Yatim Piatu di Desa Penaban

Published

on

By

pemprov bali hadir
PEMPROV BALI HADIR: Pemerintah Provinsi Bali saat melakukan gerakan “Pemprov Bali Hadir” kepada dua anak yatim piatu di Br. Adat Dukuh Bukit Ngandang, Desa Penaban, Kecamatan Karangasem, Kamis (4/4). (Foto: Hms Pemprov Bali)

Karangasem, baliilu.com – Sebagai bentuk kepedulian pada warga kurang mampu di Bali, Pemerintah Provinsi Bali memberikan bantuan secara langsung kepada masyarakat yang membutuhkan melalui gerakan “Pemprov Bali Hadir”. Salah satunya di Br. Adat Dukuh Bukit Ngandang, Desa Penaban, Kecamatan Karangasem, Kamis (4/4).

Bantuan kemanusiaan “Pemprov Bali Hadir” diserahkan langsung oleh Inspektur Daerah Provinsi Bali Wayan Sugiada, serta Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Bali I Made Gunaja didampingi Kepala Dinas Sosial dan P3A Provinsi Bali Drh. Luh Ayu Aryani kepada 2 (dua) anak yatim piatu.

Bantuan sebesar masing-masing Rp. 15.000.000,- (Lima belas juta rupiah) ini diserahkan kepada Putu Widya Ardana dan Kadek Jaya Artana, yang nantinya dapat digunakan untuk memenuhi biaya pendidikan.

Kakak beradik yatim piatu ini, diasuh oleh I Ketut Karang (kakek) dan Ni Nengah Sundi (nenek) sejak ayahnya meninggal belasan tahun silam dan ibunya menikah lagi.

Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Bali Bali I Made Gunaja menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan motivasi dari pimpinan (Pj. Gubernur Bali) dengan program “Pemprov Bali Hadir”, untuk turut serta membantu dan peduli terhadap mereka yang kurang mampu dan membutuhkan uluran tangan. Dengan bekerja sama dan Ngrombo, semua akan terasa ringan dan dapat disentuh dengan optimal.

Inspektur Daerah Provinsi Bali Wayan Sugiada, menambahkan bahwa bantuan Ngrombo ini adalah untuk membantu biaya pendidikan kedua anak yang yatim piatu ini. Hal ini dilakukan sebagai upaya memajukan pendidikan nasional, sekaligus memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengenyam pendidikan seperti anak-anak lainnya untuk memiliki bekal masa depan yang lebih baik, terlebih sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2008 Tentang Wajib Belajar.

Baca Juga  Update Covid-19 (6/6) Kasus Positif Melonjak Naik 33 Orang, Dewa Indra: Cegah Covid-19, Minta Semua Elemen Masyarakat Bantu ‘Survailans’

Kepala Lingkungan Br. Adat Dukuh Bukit Ngandang, Desa Penaban, Karangasem I Gede Mutarsa mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Bali yang hadir dan memberikan perhatian terhadap warganya, terlebih dua anak yang sejak kecil sudah yatim piatu ini sangat membutuhkan uluran tangan dari banyak pihak, selain juga mereka belum memiliki tempat tinggal yang layak. (gs/bi)

Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
nyepi dprd badung
Advertisements
dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

SOSIAL

Wawali Arya Wibawa Serahkan 1.625 Bantuan Paket Sembako TJSL BRI Denpasar kepada Masyarakat

Published

on

By

arya
SERAHKAN SEMBAKO: Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa didampingi Regional CEO BRI Denpasar, Hery Noercahya saat menyerahkan secara simbolis bantuan paket sembako kepada masyarakat yang dilaksanakan di Kantor BRI Cabang Denpasar, pada Sabtu (30/3). (Foto: Hms Dps)

Denpasar, baliilu.com – Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa didampingi Regional CEO BRI Denpasar, Hery Noercahya,  menyerahkan secara simbolis bantuan 1.625 paket sembako  kepada masyarakat yang dilaksanakan di Kantor BRI Cabang Denpasar, Sabtu (30/3) sore.

Kegiatan yang dikemas dalam program Berbagai Bahagia Bersama BRI Group Ramadhan 1445 Hijriah ini, menyasar masyarakat yang berada di wilayah sekitar Regional Office Denpasar.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Camat Denpasar Timur, Ketut Sri Karyawati, Perbekel Desa Dangin Puri Kelod, I Made Sada, dan undangan serta masyarakat penerima sembako.

Wawali Arya Wibawa yang membacakan sambutan Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara menyampaikan terimakasih kepada pihak PT. BRI Cabang Denpasar serta seluruh pihak yang berperan dalam kegiatan berbagi ini.

“Kami dari Pemerintah Kota Denpasar merasa sangat bangga dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada program BRI Peduli Berbagi Bahagia Bersama BRI Group Ramadhan 1445 Hijriah,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan adanya momen yang penuh makna dalam pembangunan kemanusiaan, yang dalam hal ini direalisasi dalam bentuk penyerahan bantuan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan, diharapkan akan menjadi titik awal untuk lebih peduli dan saling membantu sesama.

“Tentu dengan dilandasi spirit Vasudhaiva Khutumbakam yakni kita semua bersaudara, maka momentum ini bisa kita jadikan sebagai titik awal bagi kita semua untuk lebih peduli dan saling membantu serta memperkuat ikatan solidaritas antar sesama,” imbuh Arya Wibawa.

Sementara itu, Regional CEO BRI Denpasar, Hery Noercahya dalam sambutannya mengatakan BRI melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) menyelenggarakan Program Berbagi Bahagia Bersama BRI Group Ramadhan 1445 Hijriah ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Baca Juga  Update Covid-19 Kamis (7/5) Sembuh Nambah 17 Orang, Dewa Indra: Transmisi Lokal 108 Orang

Selebihnya dijelaskan, adapun agenda tahun ini meliputi pembagian paket sembako sebanyak 1.625, yang kepada masyarakat di sekitar Regional Office Denpasar.

“Tentu kami berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat membawa berkah dan manfaat bagi sesama, khususnya pada masyarakat yang berada di Kecamatan Denpasar Timur. Selain itu, kegiatan ini juga kami harapkan dapat menginspirasi berbagai pihak untuk terus peduli dan berbagi. Karena sekecil apapun kebaikan akan memberikan pahala dan mampu meringankan beban mereka yang membutuhkan,” ungkap Hery Noercahya.

Salah satu warga penerima bantuan sembako, Komaria mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemkot Denpasar dan pihak BRI Denpasar.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemkot Denpasar dan BRI Denpasar, dengan bantuan ini pastinya kami dapat terbantu dalam pengeluaran sehari-hari,” ungkapnya.  (eka/bi)

Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
nyepi dprd badung
Advertisements
dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca