Friday, 14 June 2024
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

SENI

Duta Kesenian Barong dan Baleganjur PKB XLVI Duta Denpasar Siap Berikan Penampilan Terbaik

Jadi yang Pertama Tampilkan Barong dengan Pengiring Sekehe Gong Wanita

BALIILU Tayang

:

duta kesenian denpasar
PEMBINAAN: Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana saat menghadiri Pembinaan Sekeha Nayakanari dan Sekeha Gong Cittha Gurnita Kanti, Desa Dauh Puri Kauh oleh Tim Kesenian Kota Denpasar yang digelar di Jaba Puri Agung Jematang, Jumat (17/5) petang. (Foto: Hms Dps)

Denpasar, baliilu.com – Duta Kesenian Kota Denpasar yang akan berlaga di Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI Tahun 2024 terus melaksanakan persiapan. Tak terkecuali Sekeha Nayakanari yang akan menjadi Duta Kota Denpasar pada Lomba Barong dan Sekeha Gong Cittha Gurnita Kanti, Desa Dauh Puri Kauh yang akan menjadi Duta Kota Denpasar pada Lomba Baleganjur. Keduanya pun dipastikan siap pentas dan memberikan sajian terbaik pada event seni tahunan Provinsi Bali ini. Hal tersebut terungkap saat pelaksanaan Pembinaan oleh Tim Kesenian Kota Denpasar yang digelar di Jaba Puri Agung Jematang, Jumat (17/5) petang.

Tampak hadir langsung untuk memberikan dukungan dan semangat, Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana. Hadir pula Anggota DPRD Kota Denpasar, AA Putu Gede Wibawa, Tim Pembina Seni dan Konsultan Seni Kota Denpasar.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Jaya Negara memberikan apresiasi atas berbagai persiapan yang dilaksanakan duta kesenian Kota Denpasar, khususnya Sekeha Nayakanari yang akan menjadi Duta Kota Denpasar pada Lomba Barong dan Sekeha Gong Cittha Gurnita Kanti, Desa Dauh Puri Kauh yang akan menjadi Duta Kota Denpasar pada Lomba Baleganjur.

Dikatakannya, secara umum kedua sekehe ini telah menunjukkan penampilan yang optimal. Terlebih Sekeha Gong Nayakanari yang merupakan sekehe gong wanita dan kali ini menjadi pengiring Tari Barong. Meski demikian, tentunya persiapan harus terus dioptimalkan pada sisa waktu yang tersedia. Sehingga nantinya saat pentas penampilan kedua sekeha ini dapat lebih maksimal.

“Saya berharap seluruh duta kesenian Kota Denpasar yang akan berlaga di PKB terus berlatih untuk memberikan hasil yang terbaik, optimalkan sisa waktu yang tersedia, astungkara memberikan hasil maksimal nantinya dan tetap jaga kesehatan,” ujarnya.

Baca Juga  Gladi Bersih Bapang Barong Duta Kabupaten Badung di Abiansemal

Kordinator Sekeha Nayakanari, I Wayan Murda mengatakan, beragam persiapan terus dioptimalkan guna memaksimalkan penampilan Duta Barong Kota Denpasar ini. Namun hal yang menarik, tahun ini penambuh pengiringnya adalah wanita.

Dikatakannya, Barong Ket merupakan salah satu kesenian Bali yang erat hubungannya dengan upacara Agama Hindu di Bali. Dalam konsep keagamaan barong diartikan menjadi dua kata yaitu “Bar atau Bor” yang berarti poros dan “Ong” adalah aksara suci yang memiliki simbul Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa). “Mohon dukungan semoga kita bisa memberikan yang terbaik untuk Kota Denpasar,” ujarnya

Hal senada disampaikan Kordinator Sekeha Gong Cittha Gurnita Kanti, Desa Dauh Puri Kauh, Anak Agung Ngurah Tresna Adnyana, pihaknya berharap dapat memberikan penampilan dan hasil maksimal untuk Kota Denpasar.

Dimana, lanjut Ngurah Tresna, pada kesempatan kali ini Sekeha Gong Cittha Gurnita Kanti, Desa Dauh Puri Kauh membawakan garapan bertajuk Wala Tanda. Garapan ini menceritakan tokoh Ida Padanda Made Sidemen yang dikenal sebagai sosok sastrawan besar di abad ke-20 yang mempunyai komitmen tinggi dalam usaha mengedukasi masyarakat, guna menguasai dan mendalami Seni, Budaya, Adat dan Agama di Bali. Untuk sebuah komitmen beliau berlaku Nandurin Karang Awak yang wujudnya berupa penguasaan segala aktivitas masyarakat yang diistilahkan dengan Wala Tanda.

“Istilah Wala sebutan untuk Walaka atau masyarakat kebanyakan, sedangkan Tanda merupakan pelafalan dari Tandawa yaitu penggabungan dari dinamika, ritme dan melodi yang menghasilkan mantra atau lagu, dengan Mudra yang berupa gerak, semoga bisa memberikan yang terbaik,” ujarnya.

Untuk diketahui Sekeha Nayakanari yang akan menjadi Duta Kota Denpasar pada Lomba Barong PKB XLVI akan tampil pada Minggu 16 Juni 2024. Sedangkan Sekeha Gong Cittha Gurnita Kanti, Desa Dauh Puri Kauh yang akan menjadi Duta Kota Denpasar pada Lomba Baleganjur PKB XLVI akan tampil pada 21 Juni 2024. (eka/bi)

Baca Juga  Pemkot Denpasar Gelontorkan Rp 3,2 Miliar Sukseskan PKB XLVI

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
stikom3b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SENI

Buleleng Angkat Garapan Pawintenan dan Mebayuh di Peed Aya PKB 2024

Published

on

By

duta pkb buleleng
GLADI BERSIH: Kegiatan Gladi Bersih Peed Aya Sekaa Mandala Yowana Banyuning Duta Seni Kabupaten Buleleng di Taman Kota Singaraja, Senin, (10/6). (Foto: bulelengkab.go.id)

Buleleng, baliilu.com – Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI Tahun 2024 akan diramaikan oleh Duta Seni Kabupaten Buleleng. Pementasan yang disiapkan adalah garapan prosesi upacara daur hidup dengan menampilkan upacara pawintenan dan mebayuh yang sesuai dengan tema PKB tahun ini yaitu “Jana Kerthi Paramaguna Wikrama“. Hal tersebut terungkap dalam kegiatan Gladi Bersih Peed Aya, yang berlangsung di Taman Kota Singaraja, Senin, (10/6).

Selain garapan utama tersebut, perwakilan Buleleng mempersembahkan garapan tematik “I Gusti Ngurah Panji Sakti Menyerang Blambangan” serta tarian khas Kabupaten Buleleng seperti Tari Trunajaya, Wiranjaya, Palawakya, Legong Pengeleb, dan Tradisi Mejaran-jaranan.

“Ada 200 seniman yang akan terlibat saat Peed Aya nanti,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan Buleleng I Nyoman Wisandika, dikutip dari bulelengkab.go.id.

Lebih lanjut, Kadis Wisandika menjelaskan garapan yang dibawakan oleh Sekaa Mandala Yowana Banyuning mempersembahkan penampilan seni dengan durasi 10 menit dan gladi ini menjadi pembinaan terakhir sebelum tampil pada saat pembukaan pawai tanggal 15 Juni mendatang.

“Kita dapat urutan ketujuh ya, dan astungkara berjalan lancar sesuai latihan kita yang terakhir ini,” harapnya. (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
stikom3b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Baca Juga  Pemkot Lepas Peserta Utsawa Dharma Gita Duta Denpasar
Lanjutkan Membaca

SENI

Gladi Bersih Wimbakara Taman Penasar Sanggar Seni Tepi Siring, Buduk, Mengwi

Sekda Adi Arnawa Beri Semangat Duta Kabupaten Badung

Published

on

By

sanggar tepi siring badung
GLADI BERSIH: Sekda I Wayan Adi Arnawa menghadiri sekaligus menyaksikan Gladi Bersih Wimbakara Taman Penasar Sanggar Seni Tepi Siring Duta Kabupaten Badung pada PKB XLVI Tahun 2024 di Jaba Pura Gede Dalem Warung, Banjar Gunung Buduk, Kecamatan Mengwi, Badung, Minggu (9/6). (Foto: Hms Badung)

Badung, baliilu.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Badung I Wayan Adi Arnawa menghadiri sekaligus menyaksikan Gladi Bersih Wimbakara Taman Penasar Sanggar Seni Tepi Siring Duta Kabupaten Badung pada Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI Tahun 2024 di Jaba Pura Gede Dalem Warung, Banjar Gunung Buduk, Kecamatan Mengwi, Badung, Minggu (9/6).

Turut hadir dalam kesempatan ini Ida Pandita Mpu Putra Maha Agung Parama Nirbhana Bhiru Dhaksa, Kepala Dinas Kebudayaan Badung I Gde Eka Sudarwitha, Perwakilan Camat Mengwi, Perbekel Desa Buduk I Ketut Wira Adi Atmaja, Bendesa Adat Buduk, Kelian Adat, Kelian Dinas Banjar Umakepuh dan Gunung, serta masyarakat setempat. Dalam kesempatan tersebut Sekda Adi Arnawa secara peribadi membantu dana sebesar Rp 20 juta.

Sekda Adi Arnawa menyampaikan apresiasi setelah menyaksikan penampilan Wimbakara Taman Penasar Sanggar Seni Tepi Siring. Melihat semangat penampilan gladi bersih tadi, Adi Arnawa optimis bahwa Duta Kabupaten Badung melalui Sanggar Seni Tepi Siring Duta Kabupaten Badung pada PKB XLVI Tahun 2024 mendapatkan jayanti.

“Secara umum saya lihat penampilan ini sangat bagus, kekompakan sudah dan tolong kepada adik-adik Sekaa Santhi bersama Sekaa Gong penampilannya agar tetap dijaga sampai saat penampilan di PKB yang akan datang. Ingat jaga kondisi sehingga pada saat tampil nanti benar-benar menunjukkan performa dan suara yang terbaik, tunjukkan kemampuan, tunjukkan semangat, kepercayaan serta tanggung jawab yang diberikan untuk mewakili Kabupaten Badung, mendapatkan jayanthi, semoga dengan harapan kita bersama ‘Sebagai Nak Badung Harus Menjadi Juara’,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan PKB ini merupakan kegiatan ajang lomba/kompetisi di bidang adat, seni dan budaya. Untuk itu pemerintah selalu berkomitmen, mendukung kegiatan adat, seni dan budaya. Karena ini merupakan bagian dari pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Badung serta juga sebagai upaya pelestarian budaya Bali dan ini merupakan aset penting dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Badung, dimana pariwisata tidak terlepas dari peranan seni, adat dan budaya.

Baca Juga  Bupati Sanjaya Motivasi Duta Tabanan yang akan Tampil Dalam Peed Aya PKB XLV

“Maka dari itu harus kita jaga dengan baik. Kami selaku pemerintah berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan-kegiatan adat, seni dan budaya seperti ini, tidak hanya memperkuat kebanggaan masyarakat Bali, tetapi juga menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Badung khususnya dan Bali pada umumnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia I Made Gede Wira Sucipta menyampaikan banyak terima kasih atas kehadiran Bapak Sekda Badung bersama undangan lainnya dimana kami Sanggar Seni Tepi Siring Duta Kabupaten Badung pada Pesta Kesenian Bali XLVI akan menampilkan Wimbakara Taman Penasar.

“Untuk persiapan mewakili Duta Kabupaten Badung kami sudah melakukan latihan dari bulan Maret hingga saat ini dan dengan jumlah penabuh 15 orang dan jumlah penembang/penyayi sebanyak 7 orang. Adapun tema dari Taman Penasar tahun ini adalah Suluh Nika Praba yang merupakan gagasan ide dari pembina kita Bapak I Nyoman Wija Widastra dengan pendamping I Putu Raka Wijana juga iringan yang dibina oleh I Wayan Wiriyadi/Yan Kiyung serta dalam kami melakukan latihan selalu didukung oleh pembina, orang tua dan Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Kebudayaan baik secara moral maupun material. Kami selaku panitia mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dan bantuan yang diberikan kepada kami untuk mendukung kegiatan yang kami lakukan dalam penampilan sebagai Duta Kabupaten Badung di PKB XLVI Tahun 2024,” jelasnya. (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
stikom3b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

SENI

Gladi Bersih Bapang Barong Duta Kabupaten Badung di Abiansemal

Sekda Adi Arnawa: Nak Badung Harus Menjadi Juara

Published

on

By

bapang barong duta badung
BERI MOTIVASI: Sekda I Wayan Adi Arnawa saat menghadiri dan memberikan motivasi kepada Seniman Barong Duta Kabupaten Badung yang untuk berlomba pada Pesta Kesenian Bali (PKB) Ke-46, di jaba sisi Pura Dalem Gede dan Prajapati Desa Adat Abiansemal, Sabtu (8/6). (Foto: Hms Badung)

Badung, baliilu.com – Kehadiran Sekda I Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung dalam gladi bersih bapang barong untuk memberikan motivasi serta dukungan kepada seniman barong Duta Kabupaten Badung yang diwakili Sanggar Seni Metangun Lingga Khanti Abiansemal untuk berlomba pada Pesta Kesenian Bali (PKB) Ke-46, di jaba sisi Pura Dalem Gede dan Prajapati Desa Adat Abiansemal, Sabtu (8/6).

“Melihat performa dan semangat adik-adik seniman Badung, saya berikan apresiasi penampilan pada gladi bersih ini. Saya optimis bahwa Duta Kabupaten Badung melalui Sanggar METALIKA mampu berjaya dan Jayanti dalam PKB XLVI nanti,” harapnya seraya menyerahkan dana pribadi sebesar Rp 20 juta.

Komitmen pemerintah untuk mendukung dan mempromosikan kegiatan budaya tradisional sebagai bagian integral dari pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Badung dan juga sebagai upaya pelestarian budaya Bali merupakan aset penting dalam pengembangan pariwisata dan kegiatan seni budaya di Kabupaten Badung.

“Pariwisata di Bali merupakan pariwisata berbasis budaya tidak terlepas bagaimana peranan seni dan budaya yang harus kita jaga dengan baik, kami berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan-kegiatan budaya tradisional seperti ini, tidak hanya memperkuat kebanggaan masyarakat Bali, tetapi juga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Badung. Sekali lagi saya sampaikan bahwa penampilan sudah bagus, jaga kondisi sehingga pada saat tampil nanti benar-benar menunjukkan performa yang terbaik, tunjukkan kemampuan, tunjukkan semangat, bertanggung jawab diberikan kesempatan dan kepercayaan mewakili Badung, semoga dengan kekompakan dan soliditas menjadi harapan kita bersama. Sebagai Nak Badung Harus Menjadi Juara,” ujar Adi Arnawa memberikan semangat.

Gladi bersih bapang barong dihadiri juga oleh Kadisbud I Gede Eka Sudarwitha, Camat Abiansemal Ida Bagus Putu Mas Arimbawa, Perbekel Abiansemal sekaligus sebagai Penasehat Sanggar Seni Metalika Ida Bagus Bisma Wiratma dan para tokoh masyarakat. (gs/bi)

Baca Juga  Bupati Sanjaya Motivasi Duta Tabanan yang akan Tampil Dalam Peed Aya PKB XLV

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
stikom3b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca