Saturday, 25 May 2024
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

SOSIAL

Satgas Covid-19 MGPSSR Bali Kembali Gelar Bakti Sosial, Minggu (7/6) Ini Sasar Gianyar dan Klungkung

BALIILU Tayang

:

de
BAKTI SOSIAL: Satgas Covid-19 MGPSSR Bali gelar bakti sosial di Gianyar.

Klungkung, baliilu.com – Secara simultan dan berkesinambungan Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi  (MGPSSR) Provinsi Bali melalui Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 MGPSSR Provinsi Bali terus melaksanakan bakti sosial membantu warga masyarakat yang terdampak langsung pandemi Covid-19. Diawali di Tabanan, lanjut Bangli dan di Buleleng, kemudian Satgas Covid-19 kembali melakukan bakti sosial di Kabupaten Gianyar dan Klungkung, Minggu (7/6-2020).

de
RSI BOJANA: Jero Pasek Suryadi menghaturkan rsi bojana kepada Ida Pandita Mpu Darmiti Dewi Griya Gunung Sari Sebatu.

Dalam acara bakti sosial di dua kabupaten ini, Ketua Satgas Covid-19 MGPSSR Bali Jro Pasek I Putu Bagus Suryadi, S.Sos menghaturkan secara simbolis rsi bojana satu paket sembako yang diterima Ida Pandita Mpu Darmiti Dewi Griya Gunung Sari Sebatu Gianyar Bali, juga diterima oleh Ketua MGPSSR Kabupaten Gianyar Jro Pasek I Wayan Ardana, SH, sekretaris I Nengah Sukanda Arimbawa, dan Ketua MGPSSR Kecamatan Tegalalang I Nyoman Buda Antara.

Sore harinya, Ketua Satgas Covid-19 juga menyerahkan secara simbolis bantuan sembako yang diterima langsung Ketua MGPSSR Klungkung Jro Pasek I Wayan Sudiarsa di sekretariat MGPSSR Kabupaten Klungkung. Sebelumnya pengurus Satgas Covid-19 menghaturkan rsi bojana paket sembako kepada Ida Pandita Mpu di Griya Glogor Dawan dan Ida Pandita Mpu Yoga Nata Griya Giri Kusuma Pangi.

Paket sembako ini berisi kebutuhan bahan pokok serta masker, hand sanitizer dan disinfektan. Acara selama sehari ini didampingi para pengurus Satgas Covid-19 dan Jaga Baya Pasek yang sekaligus melakukan penyemprotan disinfektan di areal griya Ida Pandita Mpu.

Ketua Satgas Jro Pasek Suryadi mengatakan Satgas Covid-19 dibentuk dilatarbelakangi atas kepedulian dan keprihatinan semeton MGPSSR di Provinsi Bali terutama Jro Pasek I Nyoman Giri Prasta sebagai ketua setelah melihat kondisi yang ada. ‘’Betul-betul sangat menyentuh kita, karena semakin hari makin banyak semeton yang kena dampak Covid-19,’’ terang Jro Pasek Suryadi.

Baca Juga  Desa Dauh Puri Kelod Gencarkan Patroli Wilayah, Sasar Hunian Non-Permanen

Satgas dibentuk, lanjut Suryadi mengemban beberapa tugas.  Di antaranya menggalang dana mulai dari pengurus, kemudian semeton yang berkelebihan, semeton yang duduk di pemerintahan, perusahaan dll untuk selanjutnya dijadikan paket sembako yang disalurkan kepada Ida Pandita Mpu, para pemangku, para semeton Pasek yang kurang mampu (yang membutuhkan) dan kepada semeton yang terdampak langsung.

Kedua, tambah Suryadi, Satgas Covid-19 juga bertugas ikut mensosialisasikan pencegahan virus Corona dan mengedukasi semeton bagaimana caranya mengeliminir atau bahkan bisa menyetop penyebaran pandemi Covid-19 yang penyebarannya begitu massif, dari hari ke hari bertambah banyak.

‘’Kami terus mensosialisasikan imbauan pemerintah bagaimana pentingnya mengikuti protokol kesehatan agar terhindar dari virus Corona. Kita selalu menyarankan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, menjaga jarak, kurangi bepergian jika tidak penting,’’ papar Suryadi seraya  menegaskan pada kegiatan ini seluruh semeton yang terlibat wajib mengikuti protap kesehatan seperti memakai masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dll.

de
TERIMA SEMBAKO: Jro Pasek Ardana menerima paket sembako didampingi Jaga Baya Pasek untuk selanjutkan diserahkan ke masing-masing kecamatan.

Usai menerima bantuan, Ketua MGPSSR Gianyar Jro Pasek I Wayan Ardana, SH menyampaikan  apresiasi atas kegiatan yang dilakukan MGPSSR Bali melalui Satgas Covid-19-nya yang melakukan bakti sosial ke seluruh kab/kota se-Bali. Ia juga mengucapkan terimakasih dan semoga bantuan ini bisa meringankan beban semeton yang terkena dampak Covid-19, seperti yang dihaturkan kepada Ida Pandita Mpu. Diketahui, sejak Covid-19 yadnya di Bali semua dikurangi yang berdampak terhadap Ida Nak Lingsir yang tidak bisa tedun katuran.

Namun yang pasti, Ida selalu memohon kerahayuan jagat melalui puja Nyurya Sewana saban pagi dan sekarang ada satu tambahan puja sesuai arahan Parisadha Hindu Dharma Indonesia berupa puja pengesengin gering, sasab, merana.

Di Gianyar, lanjut Ardana, saat ini ada 38 sulinggih Ida Pandita Mpu. Bantuan dari Satgas Covid-19 MGPSSR Bali merupakan bantuan yang pertama buat Ida Nak Lingsir. Namun dalam bulan Juni ini Pemerintah Kabupaten Gianyar memastikan bakal menghaturkan rsi bojana kepada seluruh sulinggih di Gianyar. Ada juga 20 ribu paket dari Pemkab Gianyar berikutnya di antaranya juga buat sulinggih.

Baca Juga  Dampak Ekonomi Covid-19, Desa Adat Bedulu Bantu Sembako Warganya

Bantuan dari Satgas ini, Jro Pasek Ardana mengatakan selain katur Ida Nak Lingsir, sisanya akan dibagi per kecamatan yang ada di Gianyar. ‘’Karena semeton Pasek di Bali sebanyak 70 persen, sudah sepatutnya lembaga kepasekan ini terus memperhatikan dan berupaya membantu semeton yang terdampak Covid-19,’’ ujar Ardana seraya berharap virus Corona segera berlalu dan aktivitas bisa normal kembali.

de
GRIYA GLOGOR: Jro Pasek Sudiarsa menerima paket sembako untuk selanjutnya dihaturkan kepada Ida Pandita Mpu Griya Glogor.

Sementara itu, Ketua MGPSSR Klungkung Jro Pasek I Wayan Sudiarsa memaparkan sejak Maret MGPSSR Klungkung telah melakukan kegiatan bakti sosial. Pertama melakukan penyemprotan ke masing-masing griya, selanjutnya ngaturang masker, hand sanitizer dan disinfektan. Tahapan ketiga menghaturkan rsi bojana berupa sembako ke seluruh Ida Pandita Mpu di Klungkung.

Sudiarsa menegaskan MGPSSR Klungkung hanya melaksanakan. Dana bantuan diperoleh dari Ida Nak Lingsir yang mempunyai dana punia dari koperasi sad kahyangan, donator dan dari BPD Bali.

de
SATGAS COVID: Haturkan paket sembako kepada Ida Pandita Mpu Yoga Nata Griya Giri Kusuma Pangi .

Agar tidak menjadikan merta matemahan wisia, karena semua merasa tidak mampu,  Jro Pasek Sudiarsa melalui pengurus Maha Gotra Kabupaten mengeluarkan kebijakan, dimana paket sembako itu diberikan kepada jro mangku yang aktif ngayah di Pura Punduk Dawa dan di Mahagotra Klungkung. Jumlah pemangku yang ada di Klungkung sebanyak 105.

Tujuan Klungkung melakukan bakti sosial yang sama dengan provinsi, kata Sudiarsa supaya semeton yang lain tergerak untuk melaksanakan. ‘’Jangan sampai pesemetonan pasek hanya sebatas rapat-rapat, tetapi tidak ada aksi kemanusiaan apalagi semeton pasek banyak yang terdampak. Kapan lagi akan membantu. Jangan sampai guyub masemeton hanya di wacana tidak ada di pelaksana,’’ ungkap Sudiarsa.

de
MGPSSR KLUNGKUNG: Siap melanjutkan bantuan paket sembako ke masing-masing kecamatan.

Terkait bantuan dari provinsi, Sudiarsa mengucapkan terimakasih. Bersama pengurus kecamatan yang hadir, bantuan ini akan segera disalurkan kepada semeton yang membutuhkan. Ia juga berharap Corona ini segera berlalu sehingga aktivitas bisa normal kembali. Apalagi 20 September nanti akan dilaksakan piodalan di Pura Punduk Dawa.

Baca Juga  Wagub Cok Ace Buka Hybrid Drive Concert, Terapkan Prokes sangat Ketat

Wakil Ketua Bidang Organisasi MGPSSR Provinsi Bali Guru Pasek Muliarsana menambahkan, Satgas Covid-19 terbentuk merespons pertanyaan semeton bahwa apa sih yang mampu diberikan oleh Maha Gotra kepada semeton yang terdampak Covid-19. ‘’Ini sebuah rangsangan kepada pihak lain untuk melakukan hal yang sama karena kita tidak tahu kapan wabah Covid-19 ini akan berakhir. Mudah-mudahan bakti sosial ini tak hanya sekali, namun berkali-kali walaupun Covid sudah berlalu,’’ papar Guru Pasek yang juga ketua pengempon Pura Punduk Dawa.

Guru Pasek menegaskan solidaritas kemanusiaan seperti ini mesti terus berlanjut. Karena Maha Gotra secara kelembagaan merasakan solidaritas semeton untuk ngayah. Tanpa semeton Maha Gotra sama sekali tak bisa membangun pura sebesar ini.  Wibawa dan martabat Pasek sangat susah ditegakkan jika semeton dari bawah tidak memberikan dukungan.

Jro Pasek Suryadi mengingatkan rencana bakti sosial ini paling lambat Juli sudah seluruh kab/kota selesai. Mudah-mudahan bantuan ini bisa berguna dan meringankan beban semeton kita sareng sami. ‘’Mohon dimaklumi, jangan dilihat dari nilai nominalnya karena keterbatasan di provinsi, tetapi perhatian penyamabraya yang kita kedepankan,’’ papar Suryadi.

Dalam acara itu, pengurus Satgas Covid -19 yang didampingi Jaga Baya Pasek dari Gianyar hingga Klungkung melakukan persembahyangan bersama di Pura Penataran Agung Catur Parahyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhatara Mpu Ghana di Punduk Dawa Dawan Klungkung. (gs)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
iklan
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SOSIAL

Ketua K3S Denpasar Serahkan Bantuan Kursi Roda di Dentim

Published

on

By

bantuan kursi roda denpasar
SERAHKAN KURSI RODA: Ketua K3S, Ny. Antari Jaya Negara didampingi Wakil Ketua K3S, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana, dari Dinas Sosial, dan hadir pula Camat Denpasar Timur, Ketut Sri Karyawati, perbekel/lurah dan kadus/kaling setempat saat penyerahan empat buah bantuan kursi roda kepada para lansia di wilayah Kecamatan Denpasar Timur, Senin (29/4). (Foto: Hms Dps)

Denpasar, baliilu.com – Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara bersama Dinas Sosial Kota Denpasar kembali menyerahkan bantuan kursi roda kepada lansia, Senin (29/4) di Kecamatan Denpasar Timur (Dentim).

Empat lokasi kediaman para lansia di Kecamatan Denpasar Timur dikunjungi Ketua K3S, Ny. Antari Jaya Negara didampingi Wakil Ketua K3S, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana, Camat Denpasar Timur, Ketut Sri Karyawati, perbekel/lurah dan kadus/kaling setempat. Para lansia yang dikunjungi mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diserahkan K3S dan Dinas Sosial Denpasar.

“Matur suksma Ibu Ketua K3S dan dari Dinas Sosial yang telah melihat kondisi kesehatan kami, serta menyerahkan bantuan kursi roda,” ujar Lansia I Nyoman Lotra yang bertempat tinggal di lingkungan Banjar Tegal Kuwalon, Sumerta Kaja.

Ia juga berharap bantuan ini dapat diberikan secara berkesinambungan kepada para lansia yang membutuhkan di Kota Denpasar.

Sementara Ketua K3S Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara menyampaikan, bantuan yang diserahkan kali tidak terlepas dari peran serta pihak corporate social responsibility (CSR) yang datang dari lembaga swasta, hingga BUMN. Empat bantuan kursi roda yang diserahkan kali ini datang dari CSR PT. Nindya Karya, dan telah kami serahkan langsung kepada para penerima yakni, para lansia yang membutuhkan bantuan alat kesehatan di wilayah Kecamatan Dentim.

“Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan pihak CSR yang telah diserahkan kepada lansia yang membutuhkan bantuan alat kesehatan di Kecamatan Dentim,” ujar Ny. Antari Jaya Negara.

Lebih lanjut disampaikan, penyerahan bantuan juga tidak terlepas dari peran serta Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) yang melaksanakan peninjauan di lapangan. Harapan kita bersama, bantuan ini dapat bermanfaat bagi para penerima untuk mendukung kegiatan sehari-hari di rumah maupun saat melaksanakan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit.

Baca Juga  Wagub Cok Ace Buka Hybrid Drive Concert, Terapkan Prokes sangat Ketat

“Penyerahan bantuan ini juga tidak terlepas dari pelayanan Pemkot Denpasar dan pihak CSR kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan. Bergerak bersama dalam balutan Vasudhaiva Kutumbakam, kita semua bersaudara dan bergotong-royong dalam menangani permasalahan sosial di Kota Denpasar,” ujar Antari Jaya Negara. (eka/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

SOSIAL

Pemprov Bali Melalui BPBD Bantu Warga Kurang Mampu di Desa Sibetan

Published

on

By

bantuan pemprov bali
SERAHKAN BANTUAN: Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali I Made Rentin saat menyerahkan bantuan dana kepada warga Desa Sibetan yang bertempat tinggal di Br. Wates Kaja, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Kamis (4/4). (Foto: Hms Pemprov Bali)

Karangasem, baliilu.com – Sebagai bentuk kepedulian pada warga kurang mampu di Bali, Pemerintah Provinsi Bali memberikan bantuan secara langsung kepada masyarakat yang membutuhkan melalui gerakan “Pemprov Bali Hadir”. Seperti yang dilakukan BPBD Bali yang mengunjungi warga Desa Sibetan yang bertempat tinggal di Br. Wates Kaja, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Kamis (4/4).

Bantuan berupa uang tunai senilai Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) diserahkan langsung oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali I Made Rentin kepada warga kurang mampu I Nyoman Daging, seorang buruh serabutan yang penghasilan sehari-harinya tidak menentu. Sebelumnya, ia bersama istri dan seorang anaknya tinggal bersama di rumah saudaranya. Yayasan Lentera Hati sebelumnya juga telah memberikan bantuan pembangunan berupa sebuah rumah namun sempat viral di media sosial bahwa keluarga Nyoman Daging juga membutuhkan bantuan berupa peralatan rumah tangga, seperti kasur, lemari, hingga peralatan dapur.

“Melalui pemberitaan viral itu, Bapak Pj. Gubernur Bali S.M. Mahendra Jaya yang melihat pun tergerak dan mengajak jajarannya untuk menyambangi langsung dan membantu Bapak Nyoman Daging dengan cara Ngrombo,” jelas I Made Rentin pagi tadi.

I Made Rentin pun berpesan agar uang yang diberikan ini dipergunakan sebaik-baiknya, sembari berharap bisa memenuhi kebutuhan mendesak lainnya di rumah baru I Nyoman Daging kelak. “Semoga Bapak Nyoman Daging sehat terus, agar bisa membangun kehidupan yang bahagia bersama keluarga kecilnya kelak,” imbuhnya.

Tak lupa, pada kesempatan pagi itu, ia pun mengucapkan terima kasih kepada jajaran pengurus desa khususnya Camat Bebandem dan Perbekel Desa Sibetan atas partisipasi aktifnya selama ini. Ia berpesan bahwa Pemprov Bali terus ingin berkolaborasi untuk mengurangi kemiskinan di lapangan, sehingga peran aktif aparat desa dan kecamatan terus dibutuhkan.

Baca Juga  Dampak Ekonomi Covid-19, Desa Adat Bedulu Bantu Sembako Warganya

Camat Bebandem I Gusti Ngurah Wiranata dan Perbekel Desa Sibetan I Made Beru Suryawan mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Bali beserta jajaran atas kepedulian yang ditunjukkan kepada warganya. Mereka pun menyatakan komitmen akan terus berkoordinasi aktif baik dengan Pemkab Karangasem dan Pemprov Bali dalam upaya mengentaskan kemiskinan di Bali.

Ucapan terima kasih juga dilontarkan I Nyoman Daging, karena bantuan ini sangat berguna baginya. Ia pun berharap, dengan bantuan pembangunan rumah serta peralatan rumah tangga, ia dan keluarga kecil bisa membuka lembaran baru yang lebih baik dalam kehidupan mereka. (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

SOSIAL

Inspektorat Bareng BRIDA Bantu Dua Anak Yatim Piatu di Desa Penaban

Published

on

By

pemprov bali hadir
PEMPROV BALI HADIR: Pemerintah Provinsi Bali saat melakukan gerakan “Pemprov Bali Hadir” kepada dua anak yatim piatu di Br. Adat Dukuh Bukit Ngandang, Desa Penaban, Kecamatan Karangasem, Kamis (4/4). (Foto: Hms Pemprov Bali)

Karangasem, baliilu.com – Sebagai bentuk kepedulian pada warga kurang mampu di Bali, Pemerintah Provinsi Bali memberikan bantuan secara langsung kepada masyarakat yang membutuhkan melalui gerakan “Pemprov Bali Hadir”. Salah satunya di Br. Adat Dukuh Bukit Ngandang, Desa Penaban, Kecamatan Karangasem, Kamis (4/4).

Bantuan kemanusiaan “Pemprov Bali Hadir” diserahkan langsung oleh Inspektur Daerah Provinsi Bali Wayan Sugiada, serta Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Bali I Made Gunaja didampingi Kepala Dinas Sosial dan P3A Provinsi Bali Drh. Luh Ayu Aryani kepada 2 (dua) anak yatim piatu.

Bantuan sebesar masing-masing Rp. 15.000.000,- (Lima belas juta rupiah) ini diserahkan kepada Putu Widya Ardana dan Kadek Jaya Artana, yang nantinya dapat digunakan untuk memenuhi biaya pendidikan.

Kakak beradik yatim piatu ini, diasuh oleh I Ketut Karang (kakek) dan Ni Nengah Sundi (nenek) sejak ayahnya meninggal belasan tahun silam dan ibunya menikah lagi.

Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Bali Bali I Made Gunaja menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan motivasi dari pimpinan (Pj. Gubernur Bali) dengan program “Pemprov Bali Hadir”, untuk turut serta membantu dan peduli terhadap mereka yang kurang mampu dan membutuhkan uluran tangan. Dengan bekerja sama dan Ngrombo, semua akan terasa ringan dan dapat disentuh dengan optimal.

Inspektur Daerah Provinsi Bali Wayan Sugiada, menambahkan bahwa bantuan Ngrombo ini adalah untuk membantu biaya pendidikan kedua anak yang yatim piatu ini. Hal ini dilakukan sebagai upaya memajukan pendidikan nasional, sekaligus memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengenyam pendidikan seperti anak-anak lainnya untuk memiliki bekal masa depan yang lebih baik, terlebih sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2008 Tentang Wajib Belajar.

Baca Juga  Telat Bayar Langsung Diputus, Toya Devasya Berharap PLN Beri Kelonggaran

Kepala Lingkungan Br. Adat Dukuh Bukit Ngandang, Desa Penaban, Karangasem I Gede Mutarsa mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Bali yang hadir dan memberikan perhatian terhadap warganya, terlebih dua anak yang sejak kecil sudah yatim piatu ini sangat membutuhkan uluran tangan dari banyak pihak, selain juga mereka belum memiliki tempat tinggal yang layak. (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca